Ketua STAIN Sorong melepas 20 kontingen Pekan Olah Raga Ilmiah & Riset (PIONIR) sebagai perwakilan mahasiswa STAIN Sorong Papua Barat menuju perhelatan kegiatan PIONIR yang dilaksanakan di Aula STAIN. Acara pelepasan ini dihadiri oleh jajaran pejabat serta lapisan mahasiswa tingkat jurusan 10.30 WIT.

Sebagaimana PIONIR yang merupakan hajatan setiap 2 tahun sekali oleh Kementerian Agama RI bersama dengan PTKIN se-Indonesia dalam rangka menjalin silaturrahim serta pembinaan bakat dan minat mahasiswa menuju PTKIN yang mampu membangun SDM secara intelektual maupun mental.

Kali ini PIONIR VIII di UIN Ar-Raniry Banda Aceh  yang diikuti oleh 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang terdiri dari 11 UIN, 32 IAIN dan 12 STAIN. dan dipastikan hampir 3.500 mahasiswa beserta official dari masing-masing perguruan tinggi akan hadir mensukseskan event ini.

Ketua kontingen yakni Wakil Ketua III bidang kemahasiswaan Drs. H. Umar Sulaiman. M.M.Pd menyampaikan bahwa para peserta telah siap secara mental dan fisik untuk mengikuti ajang pionir ke-VIII dan siap membesarkan nama STAIN Sorong kearah nasional. Lanjut dalam sambutannya bahwa jumlah peserta yang akan diberangkatkan berjumlah 20 orang. Para peserta tersebut akan beradu dalam 16 mata perlombaan yang akan diadakan pada tanggal 25 April hingga 1 Mei 2017, sehingga para perwakilan STAIN Sorong akan bersiap keberangkatan pada tanggal 24 April menuju Banda Aceh.

Masih oleh Ketua Kontingen dalam laporannya bahwa Kategori yang dilombakan terdiri dari 4 (empat) Bidang Ilmiah, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Makalah Qur’ani (MMQ) dan Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK). Ada 10 (sepuluh) Cabang Olahraga yang dilombakan, yaitu Futsal, Volly, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Panjat Dinding, Sepak Takraw, Pencak Silat, Basket, dan Karate. Selain itu, ada 8 (delapan) Bidang Seni, yaitu Musabaqah Tilawah Al-Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ), Kaligrafi, Pop Solo Islami, Design dan Peragaan Busana Muslim, Puitisasi Al-Qur’an dan Marawis. Menurutnya STAIN Sorong mengutus 16 cabang lomba yang terdiri dari 2 Debat Bahasa Inggris, 2 Tahfidz Qur’an, 1 Team Futzal, Catur, Seni Silat, MMQ, MTQ, serta Sepak Takrow. Demikian oleh Ketua Official.

Pada kesempatan yang sama Drs. H. Umar Sulaiman dalm wawancara lepas oleh TIM media bahwa, STAIN Sorong dipastikan turut serta dalam pionir ke VIII, dan menjadi satu-satunya  perwakilan provinsi Papua Barat, yang akan berkompetisi dalam bidang ilmiah, olahraga dan seni.

Salah satu Officil mengatakan, ‘’Kesiapan para peserta dan official akan menjadi modal utama jelang keberangkatan’’. Demikian pungkasnya

Ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah, M.Ag saat membuka acara mengungkapkan, perwakilan STAIN Sorong siap menjadi singa dari timur Indonesia yang akan mengharumkan nama Institusi dan Papua Barat ke arah Nasional. Selain itu Ketua STAIN juga menegaskan bahwa melalui event ini Mahasiswa akan menjadi sumber informasi tentang daerah provinsi papua barat khususnya kota Sorong dalam potensi kedaerahan. ‘’saya berharap mahasiswa yang menjadi utusan tahun ini mampu secara intelktual maupun mental sehingga posisi STAIN yang sebelumnya diurutan 30 diharapkan jauh lebih baik dari sebelumnya’’ ungkapnya.

Selanjutnya sambutan ketua kontingen yakni wakil ketua III bidang kemahasiswaan menyampaikan bahwa para peserta telah siap secara mental dan fisik untuk mengikuti ajang pionir ke-VIII dan siap membesarkan nama STAIN Sorong kearah nasional. Lanjut dalam sambutannya bahwa jumlah peserta yang akan diberangkatkan berjumlah 20 orang. Para peserta tersebut akan beradu dalam 16 mata perlombaan yang akan diadakan pada tanggal 25 April hingga 1 Mei 2017, sehingga para perwakilan STAIN Sorong akan bersiap keberangkatan pada tanggal 24 April menuju Banda Aceh.