Empat semester berlalu kegiatan akademik tatap muka di semua institusi pendidikan mandek dan hanya mengandalkan pembelajaran melalui jaringan internet. Menyikapi hal ini, kementerian agama melalui edaran menteri agama mengizinkan proses belajar tatapmuka untuk tahun ajaran ganjil 2021.
Menyambut instruksi menteri agama ini, IAIN Sorong melakukan koordinasi dengan Puskemas Sorong Timur, melalui Plt. Kepala Biro IAIN Sorong, dilakukan komunikasi agar Vaksinasi bisa dilakukan di kampus dan hal ini bisa diwujudkan terlaksana pada Selasa, 07 September 2021. Umar Sulaiman selaku Plt. Kabiro IAIN Sorong menyampaikan bahwa vaksinasi ini bentuk kerjasama kampus dengan pihak Puskesmas dalam suksesnya pembelajaran tatap muka di IAIN Sorong. Lebih lanjut, Staf Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Sumarsi menyebutkan vaksinasi ini bukan prasyarat dalam perkuliahan tatap muka, Kampus hanya menginisiasi kegiatan ini, agar ada mahasiswa yang melakukan vaksinasi.
Salah satu team medis Puskesmas Sorong Timur, Rentina Nababan, menyatakan bahwa peserta hari suda agak banyak dan team-nya berinisiatif untuk melakukan vaksinasi kembali di IAIN Sorong untuk dosis berikutnya “peserta vaksin hari ini lebih dari 200, dan selesai tepat pada pukul 14.00, jika ada peserta dari IAIN Sorong yang mendaftar lagi yang lebih dari 200 peserta, maka team dari Puskesmas Sorong timur akan datang lagi ke IAIN Sorong.

Salah satu peserta Vaksin Umum, menyatakan “proses vaksin yang di IAIN Sorong sangat baik, pelayanan bagus, antri tidak terlalu lama dan didukung oleh tenaga kesehatan yang banyak dan ramah serta pelayanan cepat”. Senada dengan ini, salah seorang peserta dari mahasiswa mengungkan bahwa vaksinasi ini merupakan bentuk sadar mahasiswa dalam menyukseskan program pemerintah, “kita vaksin bukan atas tuntutan syarat Perkuliahan tatap muka, namun merupakan bentuk sadar dal rangka menyukseskan program vaksinasi nasional dalam saling menjaga untuk masyarakat sehat dan kuat”. Sebagai informasi peserta vaksinasi ini 84% berasal dari mahasiswa dan 16% dari kalangan umum yang mendaftar melalui formulir yang dikoordinir oleh sub bagian akademik IAIN SORONG.
Peserta Vaksin mahasiswa gimana ya partisipasi peserta untuk kali ini sangat antusias sekali dan tanpa ada pemaksaan sama sekali Jadi kami sebagai petugas untuk melaksanakan 19 ini udah mau apa ya persiapannya untuk saat ini persiapannya saat ini ya alhamdulillah ya kita memang sudah tertata dengan baik baik dari pihak Puskesmas maupun dari pihak ke IAIN Sorong seperti itu Jadi ini sudah teratur dan langsung di koordinator oleh Bapak Plt. Kabiro IAIN Sorong