Sorong, iainsorong.ac.id – Pengumuman hasil pengisian dashboard e-sms PTKIN se-Indonesia tahun 2019 sudah diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, pada tanggal 27 April 2020. Hasil yang diraih oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong bisa dikatakan cukup memuaskan, yakni dengan total nilai 1.886,30, dengan rincian nilai GUG 1.011,99, nilai UPI 481,68, nilai CAU 275,33, nilai GRU 117,29.

Raihan poin tersebut memposisikan IAIN Sorong pada peringkat pertama dalam skema STAIN. IAIN Sorong masuk dalam skema STAIN, dikarenakan pada saat pengisian kampus yang berada di perbatasan Kota Sorong dengan Kabupaten Sorong tersebut belum keluar PP Nomor 40 Tahun 2020 tentang Perubahan Bentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, sehingga pada rilis hasil pengisian dashboard e-sms oleh Ditjen Pendis tanggal 27 April masih tertulis STAIN Sorong.

Selain meraih peringkat pertama (skema STAIN) dari tujuh (7) PTKIN yang masih berstatus STAIN Sorong, IAIN Sorong juga mampu melampau saudara se-pulau nya, yakni IAIN Fathul Muluk yang hanya mendapatkan nilai 704,40.

Keberhasilan IAIN Sorong meraih nilai yang maksimal tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari proses penilaian tahun sebelumnya, dan hal ini juga menandakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat kampus cukup tinggi.

Dashboard e-SMS merupakan cara atau indikator penilaian kerangka pengembangan PTKIN yang dirancang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI.

SMS (system management strategic) memetakan grand design pengembangan PTKIN dalam tiga tahapan, yaitu Satuan Kerja (satker) biasa dengan sasaran Good University Governance (GUG), Satker Badan Layanan Umum (BLU) dengan sasaran teaching university, dan satker Perguruan Tinggi  Negeri Badan Hukum (PTNBH) dengan sasaran research university.

Kaitannya dengan hal tersebut di atas, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, yang dulu pada saat berpartisipasi dalam pengisian dashboard e-SMS PTKIN masih berstatus STAIN, berupaya dengan maksimal supaya partispasi semua lapisan masyarakat kampus bisa terlaksana. Pimpinan juga sejak awal pemeberitahuan tentang pengisian e-SMS, selalu mengingatkan para admin pimpinan, jurusan, pusat, unit, sampai ke sub bagian untuk melakukan pengisian dashboard e-SMS dengan maksimal. Melalui Kepala Bagian (Kabag) AUAK, Hasbullah, Ph.D., setiap apel sore selalu menyampaikan kepada semua yang ditugaskan untuk maksimal dan mempercepat pengisian.

Tidak hanya itu, sebagai usaha meningkatkan partispasi masyarakat akademik dalam pengisian dashboard e-sms, Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Sorong di bawah pimpinan Sumarni Randriany, S.E., menyelenggarakan workshop, dalam salah satu materi yang disampaikan oleh narasumber adalah kaitannya dengan pengisian dashboard e-SMS.

*Humas IAIN Sorong