Jalur SPAN-PTKIN

Pendahuluan

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN.

Tujuan

  • Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN
  • Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah

Ketentuan Umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
  2. Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.

Persyaratan Siswa Pelamar

  • Pendaftaran
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2021.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  • Penerimaan
    Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara), lulus SPAN-PTKIN 2020, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

Jadwal Seleksi

  • Pengisian PDSS :            7 Feb – 28 Feb 2022
  • Verifikasi PDSS :              7 Feb – 28 Feb 2022
  • Pendaftaran :                   4 – 31 Maret 2022
  • Pengumuman Hasil :     15 April 2022
  • Pendaftaraan Ulang :    Ditetapkan Oleh Masing-masing PTKIN
Program Studi
 
  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Bahasa Inggris (TBI)
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • Ekonomi Syariah (ES)
  • Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhsiyah)
  • Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI)
  • Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
  • Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Sebelum Daftar Ulang/ Registrasi, Siapkan Berkas-berkas berikut: untuk semua lulusan span, um dan mandiri
SKL bagi lulusan tahun 2022

  1. SKL bagi lulusan tahun 2022

  2. Pasphoto diri terbaru berwarna (Background Merah) berpakaian resmi
  3. FC Kartu Keluarga (KK)
  4. FC Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  5. FC Rumah tampak depan, dalam serta samping
  6. FC Rekening listrik, Telepon, Internet dan PDAM (Kalau ada)/ Kalau tidak ada diganti surat pernyataan tidak mempunyai ditandatangani oleh orang tua bermaterai.
  7. FC Ijazah terakhir yang sdh dilegalisir
  8. Surat Keterangan Bebas Narkoba (Klinik/ Puskesmas/ Laboratorium/ Rumah Sakit)
  9. surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah
  10. melampirkan FC kartu KIP/PKH (bagi calon maba yg memiliki)
    Pendaftaran ulang langsung di antarkan di panitia penerimaan maba gedung sekretarian penerimaan mahasiswa baru gedung Lab Terpadu IAIN Sorong ruang percetakan
  11. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Rp. 1.700.000 dan dapat di setor langsung ke Bank BRI terdekat di No Rekening 0310-01-001051-30-8 a.n Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong
  12. Pendaftaran ulang dimulai tanggal 24 Juni – 11 Juli 2022

Kunjungi/ Klik  https://pdss.span-ptkin.ac.id