Mahasiswa semester 6 dari beberapa program studi yang mengikuti tes TOEFL. (ist)

Humas IAIN Sorong  – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bahasa IAIN Sorong kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa dengan menyelenggarakan Tes TOEFL bagi mahasiswa S1 semester 6.

 Tes ini dilaksanakan mulai hari Senin hingga Kamis, 8-11 Juli 2024, di Laboratorium Bahasa IAIN Sorong.  Demikian, Kepala UPT Bahasa IAIN Sorong, Misnariah Idrus, MA. kepada media kampus.

 Dikatakan, surat undangan untuk mengikuti tes ini telah dilayangkan pada hari Jumat lalu kepada para Kaprodi. Seluruh Kaprodi menyambut dengan sangat baik program ini dan menyebarkan informasi secara massif kepada mahasiswanya, dan  memastikan mereka ikut serta dalam kegiatan ini.

 “Dukungan penuh dari para Koordinator Prodi menunjukkan sinergi yang kuat antara UPT Bahasa dan program studi dalam upaya meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa,”ujar Misnariah Idrus, Kepala UPT. Bahasa IAIN Sorong.

 Lebih  lanjut Ia  menegaskan pentingnya kegiatan ini untuk mendukung visi internasionalisasi institusi dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan global.

  “Tes TOEFL adalah alat ukur yang penting untuk menilai kemampuan bahasa Inggris mahasiswa. Dengan hasil tes ini, kami dapat mengidentifikasi kebutuhan pelatihan lebih lanjut untuk membantu mahasiswa mencapai standar internasional,”tandasnya.

“ Kami berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, sehingga mereka lebih siap bersaing di kancah global,” imbuh Misnariah Idrus.

 Kegiatan ini mengusung tema “Menembus Batas: Meningkatkan Kesiapan Global Mahasiswa IAIN Sorong untuk Akselerasi Internasionalisasi Institusi”.

 “Tema ini mencerminkan komitmen IAIN Sorong dalam mempersiapkan mahasiswa agar siap menghadapi era globalisasi dan mampu bersaing di tingkat internasional,”jelas Misnariah Idrus.

 Adapun Program Studi yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi Hukum Keluarga, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ekonomi Syariah, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, serta Komunikasi dan Penyiaran Islam.

 Sebagai tindak lanjut dari tes ini, UPT Bahasa akan menyelenggarakan pelatihan TOEFL bagi 30 mahasiswa peraih nilai tertinggi di bawah 500.

Test & Training TOEFL yang digelar UPT IAIN Sorong. (ist)

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sehingga dapat mencapai skor yang lebih tinggi pada ujian berikutnya.

 “Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan maksimal bagi mahasiswa dalam mencapai prestasi terbaik mereka,” tambah Misnariah Idrus.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama,  Dr. Sudirman, SH., M.Hi  menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini. “Kami sangat mendukung inisiatif UPT. Bahasa dalam menyelenggarakan Tes TOEFL ini. Kegiatan ini sangat penting untuk membantu mahasiswa mengukur dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, yang merupakan modal utama dalam menghadapi tantangan global,” ujarnya.

 Program ini juga memiliki kontribusi signifikan terhadap pengembangan pendidikan di Papua, khususnya di Papua Barat Daya sebagai provinsi baru.

 Dengan meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa, UPT Bahasa IAIN Sorong berperan penting dalam membekali generasi muda Papua dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional.

  Program ini tidak hanya membuka peluang bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi atau berkarier di luar negeri, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Papua Barat Daya. “Melalui program ini, kami berharap dapat mendorong kemajuan pendidikan dan membuka jalan bagi mahasiswa Papua untuk mengakses berbagai kesempatan global,” tambah Misnariah Idrus.

 Dengan adanya Tes TOEFL ini, UPT Bahasa IAIN Sorong berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas akademik dan daya saing mahasiswa. Ke depan, UPT Bahasa akan terus menghadirkan program-program yang mendukung peningkatan kemampuan bahasa Inggris dan mendukung visi IAIN Sorong sebagai institusi pendidikan yang berdaya saing global. (/rosmini)