Humas IAIN Sorong-  Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menghadiri pembukaan kegiatan Konferensei ke XV Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sorong yang berkangsung di Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN Sorong, Jumat sore (27/9).

  Konfercab ke XV  HMI Cabang Sorong dibuka oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Dr. Sellviyana Sangkek.

Saat membuka Konfercab XV HMI Cabang Sorong, Kepala Badan Kesbangpol didampingi Rektor IAIN  Sorong, Kepala Kesbangpol Kota Sorong,  Hendrikus Momot, Dewan Pembina Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Dr. H. Hermanto, Presidium KAHMI, Syaiful Maliki Arief, S.Hut M.Si,  Koordinator Presidium Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Papua Barat Daya, Dr. Bustamin Wahid, Koordinator Presidium KAHMI Kota Sorong, Dr. Agil Saeni dan Ketua HMI Cabang Sorong, Abdul Qadir Loklomin .

 Kehadiran  H. Hermanto dan Syaiful Maliki Arief yang maju sebagai Calon Wakil Walikota Sorong dalam Pilkada Kota Sorong dinilai  oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat Daya, Sellviyana sebagai bukti bahwa HMI telah melahirkan kader-kader terbaik bagi bangsa ini.

  Menyampaikan sambutan tertulis Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Kepala Badan Kesbangpol Sellviyana mengatakan, HMI sebagai organisasi mahasiswa tertua  di Indonesia memiliki peran penting dalam sejarah pembangunan bangsa, sebagai wadah untuk membangun intelektual, dan spiritual dan kepemimpinan  mahasiswa.

 Bahwa HMI selalu menjadi  pilar utama dalam menjaga nilai-nilai Keisllaman dan nilai-nilai  kebangsaan.

 “Konferensi ini menjadi momentum penting bagi kita semua terutama bagi HMI Cabang Sorong untuk terus berinovasi dan berdaptasi dengan perubahan zaman,”ujar Sellviyana Sangkek yang saat kuliah di Uncen Jayapura juga aktivis GMKI.

  Kepada seluruh kader HMI Cabang Sorong, Ia berharap untuk mengambil peran strategis dalam menjaga persatuan, mengedepankan dialog dan berkonrtribusi nyata  dalam pembangunan di Provinsi Papua Barat Daya.

 Menjelang pesta demokrasi Pilkada serentak 27 November 2024,  Kepala Badan Kesbangpol sebagai pembina organisasi di provinsi termuda ini   berharap kepada kader HMI untuk  turut menjaga situasi yang kondusif di Provinsi Papua Barat Daya.

 Sementara itu, Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA yang juga Pembina HMI dalam sambutannya mengatakan, Konfercab adalah salah saatu proses untuk melakukan reorganisasi dalam HMI.

  Dikatakan,  kader HMI sudah terlatih untuk berpikir kritis. Ketika pemerintah membutuhkan sesuti atau pemikiran yang betul-betul kritis dari mahasiswa maka HMI dan Cipayung akan tampil luar biasa.

Rangkaian pembukaan kegiatan Konfercab ke XV HMI Cabang Sorong oleh Kepala Badan Kesbangpol PBD, Dr. Sellviyana Sangkek. (Rosmini)

“Dan saya yakin kader-kader HMI sudah terlatih untuk bagaimana berpikir walaupun dalam keadaan kritis. Yang paling penting, teman-teman harus bisa menunjukkan, karena ini adalah bagaimana menunjang kepemimpinan dalam sebuah organisasi,”ujar Suparto Iribaram.

 Ia berharap HMI mampu  memberikan niai-nilai yang kuat dalam  pengembangan sumber daya manusia (SDM).

 “Saya berharap dalam kepengurusan HMI Cabang Sorong kedepan, hal-hal yang terkait dengan pengembangan mahasiswa baik itu dalam proses pengkaderan sampai proses berorganisasi mampu menjadikan HMI sebagai kampus kedua yang mampu memberikan pemahaman atau pemikiran-pemikiran yang luar biasa, dan  tentunya itu untuk berkontribusi dalam pembangunan,”tandas Suparto Iribaram.

 Tiga calon ketua disebut-sebut akan bertarung dalam Konferensi Cabang (Konfercab) XV Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang, yakni Adi Saputra Tueka ( Unamin), Mukhlis Rumadan (Unamin) dan Amir Mahmud Rumakat (Unimuda).

 “Kayaknya ketiga calon sama-sama kuat,”ujar salah satu kader HMI disela pembukaan Konfercab XV HMI Cabang Sorong di Lantai 3 Gedung Rektorat Institut Agam Islam Negeri (IAIN) Sorong, Jumat sore (27/9).

  Rangkaian pembukaan Konfercab XV HMI Cabang Sorong berlangsung lancar.  Sesuai tema Konfercab, “Reposisi HMI  Cabang Sorong sebagai Kader Umat dan Bangsa, Koordinator Presdium  KAHMI Kota Sorong, Dr. Agil Saeni, S.Hut., M.Si berharap agar Konfercab XV HMI Cabang Sorong dapat menghasilkan ketua cabang yang benar-benar mumpuni.

 Proses pemilihan diharapkan berlangsung lancar, dilakukan dengan cara-cara terhormat, tidak perlu ada deadlock, hingga menunda sampai berhari-hari.

  Dalam acara pembukaan, panitia Kofercab juga memberikan kesempatan kepada Pembina dan Presidium KAHMI, Dr. Hermanto dan Syaiful Maliki Arief menyampaikan sambutan yang intinya berharap Konfercab mampu mereposisi visi, misi, etika berorganisasi jadi lebih baik.

  Dr.  Hermanto, mantan Rektor Unamin berharap, optimisme dan semangat  juang yang dimiliki kader HMI YAKUSA (Yakin Usaha Sampai) agar selalu terjaga. “Apapun yang dikerjakan harus YAKUSA,”pesan Dewan Pembina Organisasi Hijau Hitam .  (rosmini)