Penyerahan Piala bergilir kepada juara umum (rosmini)

Humas IAIN Sorong-  Pj Gubernur yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua Barat Daya, Irma Riyani Soelaiman, S.Sos., MM menutup secara resmi kegiatan lomba shalawat, cerdas cermat, hadrah dan samra yang digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,  di Aula IAIN Sorong, Selasa (1/10).

  Sesuai Surat Keputusan (SK) Nomor  461 Tahun 2024 tentang penetapan pemenang lomba dalam rangka memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M  yang diumumkan oleh Ketua Dewan Juri, Samsudin Datu, S.Pd.I., M.Pd, dari 4 cabang lomba yang digelar, Nurul Yaqin Kabupaten Sorong berhasil meraih juara umum.

 Kepada juara umun Nurul Yaqin Kabupaten Sorong mendapatkan piala bergilir yang diserahkan oleh Pj Gubernur yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Barat Daya, Irma Riyani Soelaiman serta didampingi Raktor IAIN Sorong, Dr. Suparto Iribaram, S, Sos., MA,  Wakil Rektor 1, Dr. Sudirman, MH.I, Wakil Rektor 2, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I, Kepala Biro AUAK IAIN Sorong, Dr. Muhamamad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag.

 Selain mendapatkan piala bergilir, juara umum juga mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan.

  Sebelum mengumumkan juara umum,  Ketua Dewan Juri, Samsudin Datu yang sehari-hari Analisis SDM Aparatur Ahli Muda pada Biro AUAK IAIN Sorong, mengumumkan masing-masing juara pada 4 cabang lomba yang digelar sejak  Rabu (25/9).

Ketua Dewan Juri, Samsudin Datu, S.Pd.I M.Pd mengumumkan hasil lomba. (rosmini)

Untuk lomba Hadrah, juara 1 diraih MTSN  Kabupaten Sorong, juara 2 Shoubul Qolbi dan juara 3 diraih  Raudhotul Khuffadz.

 Sedangkan pada lomba Samra, juara  1 diraih Pemuda Masjid  Melati Raya, juara 2 Shoubul Qolbi dan juara 2 Nurul Yaqin putri.

 Pada lomba Salawat Dewasa, juara 1 diraih Shoutul Qolbi, juara 2  Fatanon Misool, dan juara 3 diraih MT Al Muizz KPR Cenderawasih Aimas.

 Selanjutnya, dengann didampingi dewan juri lainnya, Samsudin Datu juga mengumumkan juara lomba Salawat Remaja Putra, juara 1 diraih  Remaja Masjid Nurul Yaqin, juara 2 MA Nurul Yaqin.

 Pada lomba Salawat Remaja Putri, juara  1 diraih Shoutul Qolbi, juara 2 MA Nurul Yaqin,  dan juara 3 Remaja Masjid Nurul Yaqin.

  Sementara pada lomba Cerdas Cermat Remaja Putri, juara 1 MA Integral, juara 2 Ma’had Al Jami’ah IAIN Sorong,  dan juara 3 Remaja Masjid Nurul Yaqin Putri.

  Sedangkan pada lomba Cerdas Cermat Remaja Putra, juara 1 diraih  SMA Averos Kota Sorong,  juara 2 MA Nurul Yaqin, dan juara 2 Remaja Masjid Nurul Yaqin.

 Pada lomba Cerdas Cermat Dewasa, juara 1 diraih  Fatanon Misool, juara 2 IPPNU Kabupaten Sorong, dan juara 3 diraih IWSS Provinsi Papua Barat Daya.

 Ditemui usai kegiatan penutupan, Kepala Sekola MA Nurul Yaqin, Nuryaningsih, S.Pd, mengatakan sangat bersyukur Nurul Yaqin bisa meraih juara umum.

1. Rektor IAIN Sorong saat menyerahkan piala kepada juara 3 lomba salawat dewasa putri, yang diraih MT Al Muizz KPR Cenderawasih Aimas. (rosmini)
2. Wakil Rektor 1 Dr Sudirman, M. Hi saat menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada juara 2 lomba salawat remaja putri yang diraih MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong.

Karena bertepatan dengan semester, Nuryaningsih mengatakan, persiapan yang dilakukan juga sangat singkat yakni hanya 4 hari.

 “Tapi karena keberanian dan kerja keras anak-anak dan guru pendamping sehingga kami dapat juara umum,”ujarnya.

  Dari semua cabang lomba, dikatakan selain Hadrah dan Cerdas Cermat Dewasa, Nurul Yaqin mengikuti hampir semua cabang lomba. Dan untuk lomba Salawat Remaja Putri,  tahun lalu, MA Nurul Yaqin juga meraih juara 2.

 Rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diikuti penutupan kegiatan lomba berjalan lancar.

  Pj Gubernur yang diwakili Kadis Kominfo Papua Barat Daya Irma Riyani Soelaiman dalam sambutannya mengatakan, kegiatan lomba yang digelar IAIN Sorong bersama 8 organisasi perempuan dan keagamaan Islam di Sorong ini memiliki nilai  yang sangat penting.

 Bukan sekedar ajang untuk berkompetisi tapi juga sebagai sarana pembinaan akhlak,pengembangan kreativitas dan mempererat silaturahmi antar umat.

Mewakili Pj Gubernur, Kadis Kominfo Papua Barat Daya, Irma Riyani Soalaiman, S.Sos.,MM. saat menyampaikan sambutan. (rosmini)

“Saya berharap semangat yang tercermin dalam perlombaan ini dapat terus dipupuk, sehingga akan melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas, dan kreatif tetapi juga memiliki akhlak yang  mulia sesuai dengan teladan yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW,”pesanya.

 Pj. Gubernur juga  menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba atas prestasi yang diraih. Namun dikatakan bahwa kemenangan yang sejati  bukan hanya penghargaan yang diraih.namun sejauh mana bisa mengambil pelajaran dan memperbaiki diri dari setiap proses yang dilalui.

 “Bagi yang  belum berhasil jangan berkecil hati, jadikan  ini sebagai motivasi  untuk berusaha dan meningkatkan kemampuan di masa mendatang,”pesan Pj Gubernur melalui Kadis Kominfo Papua Barat Daya, Irma Riyani Soelaiman.   (rosmini)