Humas IAIN Sorong – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong kembali membuktikan diri sebagai pusat pendidikan yang melahirkan generasi unggul, dengan suksesnya pelaksanaan Yudisium Fakultas Syariah dan Dakwah Gelombang II. Sebanyak 66 mahasiswa dari 4 program studi resmi menyandang gelar sarjana pada prosesi yang digelar di Lantai 2 Gedung Perpustakaan Digital IAIN Sorong. (Kamis, 10/10.2024)

Yudisium yang berlangsung khidmat dan lancar ini, dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama, Dr. Sudirman, MHI., sebagai Plh. Rektor untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada para lulusan, juga pejabat fakultas serta tenaga kependidikan IAIN Sorong. Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Dr. H. Surahman Amin, Lc., MA., memimpin langsung prosesi yudisium, didampingi oleh Wakil Dekan I Dr. Hj. Hasbiah, S.Sos., M.M., Wakil Dekan II Abdurrahman, M.Pd., PhD., ketua jurusan Dakwah Efa Rubawati Syaifuddin, S.Sos., M.Med.Kom., ketua Jurusan Syariah Udin Latif, M.H.  dan  koordinator program studi BPI Masseni, M.Sos.I., koordinator program studi KPI Dwi Iin Kahinah, M.Sos.I., koordinator prodi  Ekonomi Syariah Andi Hasrun, S.E., M.M.,koordinator prodi Hukum Keluarga Hujriman, M.H.

Berikut  Jumlah Lulusan:

  • Jurusan Dakwah:
    • Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI): 1 mahasiswa
    • Komunikasi Penyiaran Islam (KPI): 7 mahasiswa
  • Jurusan Syariah:
    • Hukum Keluarga (HK): 10 mahasiswa
    • Ekonomi Syariah: 48 mahasiswa

Yudisium ini menjadi ajang yang sarat dengan kebanggaan dan harapan, tidak hanya bagi para lulusan, tetapi juga bagi institusi yang terus mencetak generasi berkualitas. Dr. H. Surahman Amin, Lc., MA., selaku dekan menegaskan bahwa para lulusan tidak hanya sebagai pencari kerja, tetapi sebagai bridge of change, jembatan perubahan yang akan membawa kemajuan bagi Provinsi Papua Barat Daya. “Perjalanan akademik yang penuh tantangan telah berhasil dilalui. Hari ini kita melihat pencapaian yang luar biasa dari para mahasiswa, calon sarjana yang siap menjadi bridge of change yang akan berperan besar bagi masyarakat, sesuai dengan visi misi IAIN Sorong”, ujarnya.

Dekan juga mengapresiasi seluruh perangkat fakultas, dosen, dan tenaga kependidikan yang telah berkontribusi besar dalam proses akademik hingga yudisium ini. “Kami selalu mendorong agar mahasiswa tepat waktu menyelesaikan studinya. Ini sejalan dengan instruksi pimpinan tertinggi IAIN Sorong, yang menginginkan kampus ini menghasilkan lulusan berkualitas, tepat waktu, dan siap berkontribusi bagi masyarakat.”

Selain itu, Dr. Surahman juga menyoroti peran penting IAIN Sorong di luar kampus, dengan beberapa dosen yang baru dilantik sebagai pengurus ICMI Provinsi Papua Barat Daya. Ini membuktikan bahwa IAIN Sorong tidak hanya berperan di bidang pendidikan, tetapi juga di tengah masyarakat luas.

Saat ini, IAIN Sorong terus menancapkan namanya sebagai kampus yang tidak hanya berfokus pada kecerdasan akademik, tetapi juga akhlak dan kontribusi nyata di masyarakat. Sebagai bagian dari cita-cita besar, para lulusan diharapkan terus menjunjung tinggi nilai-nilai yang telah diajarkan selama masa studi. “Selamat kepada seluruh lulusan Fakultas Syariah dan Dakwah. Letakkan adab di atas ilmu, jadilah pribadi yang bermanfaat bagi sesama, dan sampai jumpa di prosesi wisuda pada 31 Oktober 2024“, pesan Dr. Surahman kepada para lulusan, sembari berharap mereka akan terus belajar, berkarya, dan berinovasi di masa depan.

Rasa gembira dan haru sangat terasa saat satu per satu nama mahasiswa dipanggil dan dikukuhkan gelarnya. Selempang kebanggaan pun dikenakan oleh perwakilan tiap program studi sebagai simbolisasi keberhasilan mereka dalam menempuh pendidikan.

Dr. Sudirman, MHI., yang merupakan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama, mewakili rektor turut memberikan pesan yang menggugah semangat para lulusan. “Ini adalah hari bersejarah bagi Anda semua, kabar gembira untuk keluarga Anda. Namun ingat, dengan gelar di belakang nama, tanggung jawab besar menanti. Jangan biarkan diri lama menganggur, optimislah bahwa ijazah ini adalah jalan menuju kesuksesan, untuk itu perbaiki ibadah, jadilah cerminan yang terbaik dari kampus ini di tengah-tengah masyarakat.” Katanya. Beliau juga mendorong pihak fakultas untuk segera membuat grup pusat karir dan pengembangan diri bagi alumni, agar para lulusan dapat segera mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan terus menjalin komunikasi dengan almamater.

Yudisium Gelombang II ini merupakan kelanjutan dari gelombang pertama yang diikuti oleh 54 lulusan. Dengan demikian, total 120 lulusan dari Fakultas Syariah dan Dakwah akan mengikuti wisuda pada 31 Oktober 2024 mendatang.

Dengan semangat “jembatan perubahan,” IAIN Sorong siap mengantarkan para lulusan untuk menjadi tokoh-tokoh yang membawa dampak positif, baik di lingkungan sekitar maupun di dunia yang lebih luas.

Selamat kepada seluruh lulusan Fakultas Syariah dan Dakwah! Sukses menanti di depan mata!(rn/Humas)