Humas IAIN Sorong – Koordinator Prodi BPI Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong mengadakan pelatihan Konselor Sebaya Bimbingan Penyuluhan Islam pada jum’at, 18.10.2024 Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi konselor sebaya yang efektif, khususnya dalam konteks bimbingan dan penyuluhan Islam.

Pelatihan dihadiri oleh mahasiswa dari program studi Bimbingan Penyuluhan Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam. Kegiatan mendatangkan narasumber yang ahli di bidang konseling dan psikologi Islam Ny. Yusdiranti Barus  yang merupakan  Ketua Perhimpunan Psikologi wilayah Papua Barat Daya Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan materi mengenai teknik konseling, etika dalam bimbingan, serta penerapan prinsip-prinsip Islam dalam proses penyuluhan.

Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Dr. H. Surahman Amin, Lc., M.A. menyampaikan harapan agar pelatihan ini dapat meningkatkan peran aktif mahasiswa dalam membantu teman-teman mereka yang menghadapi berbagai permasalahan, baik akademik maupun pribadi. “Konselor sebaya berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang suportif dan saling membantu di kampus,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan simulasi praktik, di mana peserta dapat langsung menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Dalam sambutan Plh. Rektor Dr. Sudirman, M.Hi. juga berharap, para peserta dapat menerapkan keterampilan ini dalam komunitas mereka dan berkontribusi positif terhadap pengembangan masyarakat yang lebih baik. Mengingat Pelatihan Konselor Sebaya ini merupakan bagian dari program berkelanjutan Fakultas Syariah dan Dakwah untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam bidang bimbingan dan penyuluhan, serta mendukung visi kampus dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kegiatan yang di hadiri oleh Plh. Rektor, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah, Ketua Jurusan Dakwah dan Ketua Jurusan Syariah, Plh. Kepala Perpustakaan, Kepala SPI, Kasubag TU Fak. Syariah dan Dakwah, Koordinator Prodi KPI, BPI, ES dan AS dan Juga Mahasiswa yang begitu antusias dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Konselor Sebaya Hingga Akhir. (WI/Humas)