Tarbiyah

Visi

Unggul dalam pengembangan pendidikan keguruan berbasis Keislaman, Sains, Teknologi, Kearifan Lokal, dan Global Tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang unggul berbasis keislaman dan teknologi yang berdaya saing global sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan, sains, teknologi dan kearifan lokal yang integratif untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  3. Meningkatkan Kerjasama dan Kemitraan di dalam dan luar negeri untuk penguatan daya sanding fakultas.
  4. Menyelenggarakan layanan akademik yang prima dan inklusif berbasis digital.
  5. Menyelenggarakan tata pamong yang akuntabel, transparan dan berintegritas yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan calon pendidik dan tenaga pendidikan yang professional, berkahlakul karimah, berwawasan global, dan menguasai teknologi
  2. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian dalam bidang pendidikan, sains, teknologi dan kearifan lokal yang integrative dengan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan
  3. Menjalin kerjasama dan kemitraan di dalam dan luar negeri untuk penguatan daya sanding fakultas
  4. Mewujudkan layanan akademik yang prima dan inklusif berbasis digital yang berstandar internasional
  5. Mewujudkan tata pamong yang akuntabel, transparan, harmoni dan produktif yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Pimpinan
Fakultas Tarbiyah

Dosen Progam Studi

  1. Abdul Azis Khoiri, M.Pd
  2. Ely Fitriani, M.Pd
  3. Dr. Fardan Abdillah, M.Pd.I
  4. Hermanto, M.Pd.I
  5. Ibnu Chudzaifah, M.Pd.I
  6. Drs. Muhammad Satir, M.Pd.I
  7. Sella Nofriska Sudrimo, M.Si
  8. Dr. Sukman, M.Pd.I
  1. Afroh Nailil Hikmah, M.Pd
  2. Darnadengsih, M.Pd
  3. Mulyono, M.Pd
  4. Nasrul Fauzi, M.Pd
  5. Riska Latifatul Husna, M.Pd
  6. Rusdin, M.Si
  1. Abd Rahman, M.Pd
  2. Bunyamin, M.Pd
  3. Drs. Hasbullah, Ph.D
  4. Miftahul Fadlik Dabamona, M.Sc., Tesol
  5. Misnariah Idrus, M.A
  6. Rusyaid, M.A
  7. Suharmoko, M.Pd
  1. Agus Yudiawan, M.Pd
  2. Hartina, M.Si
  3. Khatipah, M.Pd
  4. Muhammad Masykur, M.Pd.I
  5. Ruslan Rasyid, M.Pd
  6. Sumarsih, M.Pd
  1. Arini Rahmadana, M.Pd
  2. Erwinestri Hanidar Nur Afifi, M.Pd
  3. Muhammad Ramli, M.Pd
  4. Oki Sandra Agnesa, M.Pd
  5. Rabiudin, M.Pd
  1. Abdul Azis Khoiri, M.Pd
  2. Ely Fitriani, M.Pd
  3. Dr. Fardan Abdillah, M.Pd.I
  4. Hermanto, M.Pd.I
  5. Ibnu Chudzaifah, M.Pd.I
  6. Drs. Muhammad Satir, M.Pd.I
  7. Sella Nofriska Sudrimo, M.Si
  8. Dr. Sukman, M.Pd.I
  1. Afroh Nailil Hikmah, M.Pd
  2. Darnadengsih, M.Pd
  3. Mulyono, M.Pd
  4. Nasrul Fauzi, M.Pd
  5. Riska Latifatul Husna, M.Pd
  6. Rusdin, M.Si
  1. Abd Rahman, M.Pd
  2. Bunyamin, M.Pd
  3. Drs. Hasbullah, Ph.D
  4. Miftahul Fadlik Dabamona, M.Sc., Tesol
  5. Misnariah Idrus, M.A
  6. Rusyaid, M.A
  7. Suharmoko, M.Pd
  1. Agus Yudiawan, M.Pd
  2. Hartinah, M.Si
  3. Khatipah, M.Pd
  4. Muhammad Masykur, M.Pd.I
  5. Ruslan Rasyid, M.Pd
  6. Sumarsih, M.Pd
  1. Arini Rahmadana, M.Pd
  2. Erwinestri Hanidar Nur Afifi, M.Pd
  3. Muhammad Ramli, M.Pd
  4. Oki Sandra Agnesa, M.Pd
  5. Rabiudin, M.Pd
DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
DOSEN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI)

   Koordinator Program Studi

Toggle Content
Toggle Content
Toggle Content
Toggle Content
DOSEN PROGRAM STUDI TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Progam Studi Pendidikan Agama Islam

Ketua Prodi PAI
Abdul Azis Khoiri, M.Pd.
Kord. Prodi PAI

Terwujudnya Pusat Kajian dan Pengembangan Pendidikan Agama Islam yang Unggul Sebagai Rujukan Studi Indonesia Timur pada Tahun 2022

  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik yang professional, inovatif dan efektif dalam bidang Pendidikan Agama Islam;

  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dalam bidang pendidikan dan keislaman ;

  3. Mengembangkan keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan akademik ;

  4. Menyebarluaskan hasiI kajian keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas Program Studi.

  5. Melaksanakan kerjasama dan kemitraan antar Lembaga.

  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Agama Islam yang profesional, unggul, berdayasaing tinggi serta mampu merespon dan memberikan kontribusi sesuai dengan perkembangan zaman.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional serta mampu berperan dalam pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam.
  3. Menghasilkan pemikir Pendidikan Agama Islam yang produktif dan kompetitif.
  4. Memberikan kontribusi pemikiran pada pengembangan Pendidikan Agama Islam.
  5. Menghasilkan karya akademik yang berstandar
  6. Menghasilkan karya penelitian yang menjadi referensi dalam bidang
  7. Menghasilkan kajian keilmuan yang memberikan pengaruh pada wacana dan praktik Pendidikan Agama Islam.
  8. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan antar Lembaga.
  1. Pusat kajian adalah menjadikan program studi agama islam sebagai rujukan kajian Pendidikan Agama Islam di wilayah Indonesia Timur;
  2. Pengembangan Pendidikan adalah menjadikan Program Studi Pendidikan Agama Islam yang inovatif secara berkesinambungan;
  3. Unggul adalah menjadikan program studi agama islam menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Rujukan studi adalah menjadikan Program Studi Agama Islam sebagai pusat kajian Pendidikan Islam di wilayah Indonesia Timur.
Tab Content

Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul dalam pengembangan Pendidikan dasar  berbasis pada Sains dan Teknologi yang terintegrasi keislaman di Indonesia Timur Tahun 2025

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul berbasis Sains dan Teknologi yang terintegrasi dengan keislaman.
  2. Mengembangkan Penelitian dalam bidang Pendidikan dasar yang bermanfaat bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan dasar Islam.
  4. Melaksanakan Kerjasama dan dengan Lembaga Pendidikan dasar, Perguruan Tinggi dan Lembaga terkait
  1. Menghasilkan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul serta memiliki kemampuan dalam bidang Sains dan Teknologi yang terintegrasi dengan keislaman.
  2. Menghasilkan Penelitian dalam bidang Pendidikan dasar yang bermanfaat bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mewujudkan Pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan dasa
  4. Menghasilkan Kerjasama dan Kemitraan dengan Lembaga Pendidikan dasar, Perguruan Tinggi dan Lembaga terkait
Oki Sandra Agnesa, M.Pd
Oki Sandra Agnesa, M.Pd
Kord. Prodi PGMI

Progam Studi Tadris Bahasa Inggris

IMG_20240904_170133
Sumarsi, M.Pd.I
Kord Prodi TBI

TERWUJUDNYA PROGRAM STUDI YANG UNGGUL SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERKARAKTER ISLAMI DI KAWASAN PAPUA BARAT PADA TAHUN 2022

  1. Menerapkan program yang berkualitas untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris;
  2. Mengoptimalkan penulisan karya ilmiah dan publikasi bagi dosen dan mahasiswa;
  3. Mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Menerapkan proses pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan bermuatan nilai-nilai
  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa inggris yang terampil dan berkarakter islami;
  2. Menghasilkan karya ilmiah terpublikasi yang mampu memberikan kontribusi pada pengembangan Pendidikan di Papua Barat;
  3. Mewujudkan sarjana Pendidikan Bahasa inggris yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Mewujdukan suasana pembelajaran yang kondusif, dinamis dan kompetitif.

Progam Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam

Unggul dalam pengembangan pendidikan keguruan berbasis Keislaman, Sains, Teknologi, Kearifan Lokal, dan global 2025

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang unggul berbasis keislaman dan teknologi yang berdaya saing global sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan, sains, teknologi dan kearifan lokal yang integratif untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat
  3. Meningkatkan Kerjasama dan Kemitraan di dalam dan luar negeri untuk penguatan daya saing fakultas.
  4. Menyelenggarakan layanan akademik yang prima dan inklusif berbasis digital.
  5. Menyelenggarakan tata pamong yang akuntabel, transparan dan berintegritas yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan
  1. Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, berakhlakul karimah, berwawasan global, dan menguasai teknologi.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian dalam bidang pendidikan, sains, teknologi dan kearifan lokal yang integratif dengan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan.
  3. Menjalin Kerjasama dan Kemitraan di dalam dan luar negeri untuk penguatan daya sanding fakultas.
  4. Mewujudkan layanan akademik yang prima dan inklusif berbasis digital yang berstandar internasional.
  5. Mewujudkan tata pamong yang akuntabel, transparan, harmoni dan Produktif yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.
Rabiudin
Rabiudin, M.Pd
Kord Prodi TIPA

Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam

Kaprodi MPI (1)
Hartinah, S.Sos.I, S.Pd.I., M.A.
Kord Prodi MPI

Unggul dalam pengembangan pendidikan keguruan berbasis Keislaman, Sains, Teknologi, Kearifan Lokal, dan global 2025

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang unggul berbasis keislaman dan teknologi yang berdaya saing global sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan, sains, teknologi dan kearifan lokal yang integratif untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat;
  3. Meningkatkan Kerja sama dan Kemitraan di dalam dan luar negeri untuk penguatan daya saing fakultas;
  4. Menyelenggarakan layanan akademik yang prima dan inklusif berbasis digital;
  5. Menyelenggarakan tata pamong yang akuntabel, transparan dan berintegritas yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
  1. Menghasilkan calon pendidik dan tenaga pendidikan yang profesional, berakhlakul karimah, berwawasan global, dan menguasai teknologi;
  2. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian dalam bidang pendidikan, sains, teknologi dan kearifan lokal yang integratif dengan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan;
  3. Menjalin kerja sama dan Kemitraan di dalam dan luar negeri untuk penguatan daya sanding fakultas;
  4. Mewujudkan layanan akademik yang prima dan inklusif berbasis digital yang berstandar internasional;
  5. Mewujudkan tata pamong yang akuntabel, transparan, harmoni dan Produktif yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.
Tab Content
Tab Content

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

TERWUJUDNYA PUSAT KAJIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG UNGGUL SEBAGAI RUJUKAN STUDIDI INDONESIA TIMUR PADA TAHUN 2022.

  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik yang professional, inovatif dan efektif dalam bidang Pendidikan Agama Islam;
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dalam bidang pendidikan dan keislaman ;
  3. Mengembangkan keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan akademik ;
  4. Menyebarluaskan hasiI kajian keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas Program Studi.
  5. Melaksanakan kerjasama dan kemitraan antar Lembaga.
  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Agama Islam yang profesional, unggul, berdayasaing tinggi serta mampu merespon dan memberikan kontribusi sesuai dengan perkembangan zaman.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional serta mampu berperan dalam pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam.
  3. Menghasilkan pemikir Pendidikan Agama Islam yang produktif dan kompetitif.
  4. Memberikan kontribusi pemikiran pada pengembangan Pendidikan Agama Islam.
  5. Menghasilkan karya akademik yang berstandar
  6. Menghasilkan karya penelitian yang menjadi referensi dalam bidang
  7. Menghasilkan kajian keilmuan yang memberikan pengaruh pada wacana dan praktik Pendidikan Agama Islam.
  8. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan antar Lembaga.
  1. Pusat kajian adalah menjadikan program studi agama islam sebagai rujukan kajian Pendidikan Agama Islam di wilayah Indonesia Timur;
  2. Pengembangan Pendidikan adalah menjadikan Program Studi Pendidikan Agama Islam yang inovatif secara berkesinambungan;
  3. Unggul adalah menjadikan program studi agama islam menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Rujukan studi adalah menjadikan Program Studi Agama Islam sebagai pusat kajian Pendidikan Islam di wilayah Indonesia Timur.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul dalam pengembangan Pendidikan dasar  berbasis pada Sains dan Teknologi yang terintegrasi keislaman di Indonesia Timur Tahun 2025

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul berbasis Sains dan Teknologi yang terintegrasi dengan keislaman.
  2. Mengembangkan Penelitian dalam bidang Pendidikan dasar yang bermanfaat bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan dasar Islam.
  4. Melaksanakan Kerjasama dan dengan Lembaga Pendidikan dasar, Perguruan Tinggi dan Lembaga terkait
  1. Menghasilkan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul serta memiliki kemampuan dalam bidang Sains dan Teknologi yang terintegrasi dengan keislaman.
  2. Menghasilkan Penelitian dalam bidang Pendidikan dasar yang bermanfaat bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mewujudkan Pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan dasa
  4. Menghasilkan Kerjasama dan Kemitraan dengan Lembaga Pendidikan dasar, Perguruan Tinggi dan Lembaga terkait
  1. Pusat kajian adalah menjadikan program studi agama islam sebagai rujukan kajian Pendidikan Agama Islam di wilayah Indonesia Timur;
  2. Pengembangan Pendidikan adalah menjadikan Program Studi Pendidikan Agama Islam yang inovatif secara berkesinambungan;
  3. Unggul adalah menjadikan program studi agama islam menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Rujukan studi adalah menjadikan Program Studi Agama Islam sebagai pusat kajian Pendidikan Islam di wilayah Indonesia Timur.

PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS (TBI

TERWUJUDNYA PROGRAM STUDI YANG UNGGUL SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERKARAKTER ISLAMI DI KAWASAN PAPUA BARAT PADA TAHUN 2022

  1. Menerapkan program yang berkualitas untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris;
  2. Mengoptimalkan penulisan karya ilmiah dan publikasi bagi dosen dan mahasiswa;
  3. Mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Menerapkan proses pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan bermuatan nilai-nilai
  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa inggris yang terampil dan berkarakter islami;
  2. Menghasilkan karya ilmiah terpublikasi yang mampu memberikan kontribusi pada pengembangan Pendidikan di Papua Barat;
  3. Mewujudkan sarjana Pendidikan Bahasa inggris yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Mewujdukan suasana pembelajaran yang kondusif, dinamis dan kompetitif.
  1. Unggul adalah menjadikan prodi Tadris Bahasa Inggris yang memiliki dayasaing dan berkualitas
  2. Pusat Pendidikan adalah menjadikan Prodi Tadris Bahasa Inggris sebagai Pusat pembelajaran Bahasa Inggris yang bercirikhas islami di Papua Barat
  3. Pusat Penelitian adalah menjadikan Prodi Tadris Bahasa Inggris sebagai pusat kajian research berbasis Pengabdian kepada Masyarakat
  4. Pengembangan Pembelajaran adalah menjadikan Program Studi Bahasa Inggris yang melaksanakan inovasi secara berkesinambungan

Berita Jurusan

IMG-20221118-WA0001
WhatsApp Image 2022-11-17 at 11.55.22 (1)
WhatsApp Image 2022-11-17 at 11.52.11
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.38.38
IMG20211205112127
WhatsApp Image 2021-11-05 at 09.55.03 (1)
IMG20210920145958
WhatsApp Image 2019-11-06 at 15.36.26
hmj