Sorong, iainsorong.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong menggelar sebuah kegiatan di sisa-sisa masa pengabdiannya di Kabupaten Sorong Selatan.  Kelompok KKN STAIN Sorong yang diketuai oleh Ismail Saleh menggandeng Kemenag Kabupaten Sorong Selatan dalam melaksanakan kegiatan. Kegiatan yang mereka adakan adalah kegiatan yang berfokus terhadap pengembangan generasi muslim di Kabupaten Sorong Selatan, yakni Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Distrik di Kabupaten Sorong Selatan. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sorong Selatan, pada Jumat, 20 Maret 2020 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sorong Selatan. Tema yang diusung oleh panitia yaitu “Membina Generasi Muda dengan Menciptakan Insan Qurani”.

Muhammad Ridwan, selaku ketua panitia menyampaikan lewat sambutannya bahwa sumber dana kegiatan yang dilakukan bersumber dari beberapa sponsor dan donator.

“kegiatan FASI ini merupakan yang pertama kali di Kabupaten Sorong Selatan, yang diikuti oleh 96 orang peserta, yang terdiri dari 10 TPQ, 4 SD, dan 4 TK. Selanjutnya, dana atau pembiayaan kegiatan FASI ini bersumber dari beberapa sponsor dan donator yang tidak mengikat” ungkapnya.

Pada hari yang sama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sorong Selatan DM. Syaranamual, mengungkapkan pesannya terhadap para peserta yang akan mengikuti lomba, yang notabene merupakan anak-anak.

“kegiatan ini diselenggarakan agar anak-anak bisa belajar mengingat dan mempedomani serta melaksanakan ajaran-ajaran tentang Al-qur’an itu sendiri dengan baik” paparnya.

DM. Syaranamual menambahkan lewat kesempatan sambutannya, tentang tujuan pelaksanaan dan kata motivasinya terhadap generasi Kabupaten Sorong Selatan.

“tujuan terpenting dalam festival ini bukan semata-mata untuk mengejar juara, melainkan agar bisa membuat anak semakin gemar membaca dan menghafal Al-Qur’an” tegasnya.

Sebagai kegiatan yang inspiratif, mahasiswa KKN STAIN Sorong perlu mendapatkan apresiasi karena telah mampu membuat terobosan untuk mengangkat semangat dan motivasi anak-anak di daerah Sorong Selatan. Kegiatan FASI ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa sebagai agen of change sekaligus agen of control di lingkungan masyarakat dan Negara. Mahasiswa KKN STAIN Sorong, tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk melakukan kontribusi terhadap kemajuan bangsa.

Ke depannya, semua mahasiswa KKN STAIN Sorong diharapkan mampu membuat solusi-solusi konkrit untuk permasalah sasial kemasyarakatan di tempat/poskonya masing, seperti halnya yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN STAIN Sorong di Kabupaten Sorong Selatan. *L