Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaran, S.Sos M.Si saat menyampaikan materinya. (rosmini)

Humas IAIN Sorong- Mengusung tema “Penguatan  Rencana Strategis dan Tata Kelola Institusi Menuju Unggul”, Rektor IAN Sorong, Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., MA membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) IAIN Sorong yang berlangsung 29-31 Juli 2024 di Aula Kampus IAIN Sorong.

 Untuk pertama kalinya, Raker IAIN Sorong  tahun 2024 diikuti seluruh civitas akademika, mulai dari pimpinan, dosen, staf hingga cleaning service dan security.

   Ketua Panitia Raker Tahun 2024, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I yang juga Wakil Rektor 2 mengatakan,  bahwa sesuai arahan dari rektor, untuk mewujudkan IAIN Sorong sebagai  jembatan perubahan kemajuan di Tanah Papua maka perlu dilakukan penguatan terlebih dahulu. “Apa pondasi kita untuk menyusun kerja-kerja  kita mulai dari 2024-2028,”ujar Ketua Panitia Raker, Dr.Muhammad Rusdi Rasyid, M,Pd.I .

 Dikatakan oleh Rusdi Rasyid, Raker   digelar dengan tujuan  utama, agar seluruh peserta raker, seluruh stakeholder atau seluruh pimpinan di IAIN Sorong dapat  memiliki program dari 2024-2028, sesuai visi misi yang diemban oleh Rektor Dr. Suparto Iribaram.

 “Oleh karena itu di rapat kerja inilah kita berusaha menghasilkan terobosan, program  kerja disetiap unit di fakultas dan pascasarjana itu, menuangkan semua ide-idenya sesuai dengan tanggungjawabnya masing-masing,”ujar Rusdi Rasyid.

 Lebih lanjut, Rusdi Rasyid juga mengatakan, di hari pertama (29/7) dipaparkan secara umum, penyampaian visi misi dan kemana arah tujuan dari IAIN Sorong.

Wakil Rektor 2, Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I dalam penyampaian Laporan Ketua Panitia Raker IAIN Sorong Tahun 2024. (rosmini)

Sementara di hari kedua,  peserta Raker akan dibagi  2 yakni , Komisi  A  Komisi B. “Komisi  A berbicara tentang akademik dan Komisi B terkait dengan pengangaran dan administrasi dan lainnya,”tandas Rusdi Rasyid.

 Selanjutnya di hari ke 3 , hasil bahan dikusi dari Komisi A dan Komisi B kemudian dikumpulkan dan diplenokan,”tandas Rusdi Rasyid.

 Sementara itu, Rektor IAIN Sorong, Dr. Suparto Iribaram dalam sambutannya mengatakan, di momen raker ini, merupakan momen dimana keluarga besar IAIN Sorong akan menuangkan  pikiran, ide-ide dalam rangka bersama-sama merencakan program demi pengembangan kampus IAIN Sorong tercinta.

 “Saya berharap bahwa dalam raker ini kita semua  dapat mengikuti setiap  sesi demi sesi. Ini  penting sekali sehingga apa yang menjadi ide bapak ibu, bisa tertuang dalam program,”ujar Suparto Iribaram.

  Lanjut dikatakan, jangan  sampai program sudah ditetapkan masih ada yang protes. “Masih ada yang protes bahwa saya tidak pernah ikut, itu kesalahan kita, kenapa tidak ikut,”imbuh rektor.

 Dikatakan, kalau mau menuangkan ide kita maka ikutlah raker hari ini sampai 3 hari kedepan. Apa yang  menjadi gagasan bapak ibu bisa dituangkan semuanya ini dari kita untuk kita,”imbuh Suparto Iribaram.

 Rektor  berharap kepada jajarannya untuk  harus bisa bekerjasama dalam  meraih kesuksesan,  meraih tujuan yang  diinginkan bersama.

Pimpinan IAIN Sorong dalam pembukaan Raker Tahun 2024 di Aula Kampus IAIN Sorong. (rosmini)

Usai pembukaan, dengan dipandu moderator  Dr. M. Arsyad Ambo Tuo, raker dilanjutkan dengan penyampaian materi “Arah Kebijakan dan Strategi Rektor IAIN Sorong 2024-2028” oleh  Dr. Suparto Iribaram , S.Sos., MA.

Peserta Raker yang diikuti seluruh civitas akademika IAIN Sorong (rosmini)

Sebagai nahkoda yang akan membawa IAIN Sorong 4 tahun kedepan, Suparto Iribaram memiliki visi yakni “menjadikan  perguruan tinggi yang unggul, moderat, berwawasan global, kreatif berbasis local wisdom”.

 Untuk mencapai visi tersebut, Suparto Iribaram pun memiliki 6 misi yakni :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan relevan dengan  kebutuhan lokal yang berdaya saing global.
  2. Penguatan nilai moderasi beragama berbasis ukhuwah wathaniyah dan insaniyah.
  3. Menjadikan perguruan tinggi sebagai pusat implementasi pendidikan di Tanah Papua.
  4. Menyediakan ruang berkreasi dan berinovasi berbasis kearifan lokal (lokal wisdom).
  5. Menciptakan kampus moderat yang nyaman dan kondusif sebagai agen perubahan kemajuan di Tanah Papua.
  6. Menjadi penguatan transformasi institut menjadi universitas negeri.

Selain menyampaikan visi misi, tujuan dan sasaran program, dalam penyampaian materinya yang juga diselingi dengan candaan, Rektor  IAIN Sorong, Suparto Iribaram juga mengungkapkan  target kinerja yang ingin dicapai yakni :

  1. Menjadikan institusi sebagai bridge of change (jembatan perubahan) di Tanah Papua.
  2. Menciptakan kampus akademik yang nyaman, kondusif dan moderat berbasis kearifan lokal (lokal wisdom).
  3. Mewujudkan institusi yang unggul dan word off class university.
  4. Menuju alih bentuk intitut menjadi universitas.

Raker IAIN Sorong tahun 2024 hari ini, Selasa (30/7) dilanjutkan dengan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran tahun berjalan dan rapat-rapat komisi. (rosmini)