Penyerahan cindera mata berupa plakat kepada 3 kerukunan kemasyarakatan . (rosmini)

Humas IAIN Sorong – Berlangsung dalam suasana khidmat, Rektor IAIN Sorong Dr. Suparto Iribaram, S.Sos M.Si memimpin upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 79 di Kampus IAIN Sorong, Sabtu 17 Agustus 2024.

Dengan mengenakan pakaian adat nusantara, civitas akademika IAIN Sorong tampak tampil beda di hari kemerdekaan RI ke 79 . Upacara yang dimulai sekitar pukul 07.30 Wit diikuti  dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Tak ketinggalan kelompok marchinband yang dipersembahkan mahasiswa mengiringi rangkaian upacara 17 Agustus di Kampus IAIN Sorong.

Dalam rangkaia upacara HUT RI ke-79 yang mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” sebagai  pembacaan teks proklamsi , Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik, Anwar Darwis, M.Pd .

Membacakan sambutan tertulisan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, dikatakan, bagi ASN Kementerian Agama, HUT RI adalah spirit menjaga harmoni Indonesia. Inilah bukti syukur kemerdekaan, kita lahir dengan ide dan gagasan besar untuk menjalankan pelayanan kepada masyarakat, memastikan bahwa setiap kebijakan dan program menyentuh seluruh lapisan masyarakat, dan menguatkan fondasi keberagamaan dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara.  “Nilai-nilai Kemerdekaan mari kita terapkan denganmemperkuat integritas dan profesionalitas ASN. Kita harus menjadi teladan dalam menjalankan tugas, memastikan bahwa setiap keputusan didasarkan pada nilai-nilai luhur agama dan Pancasila. Kita harus lebih kuat menghadapi berbagai tantangan, memastikan kita mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”pesan Menag, Yaqult Cholil Qoumas.

1. Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekan RI ke 79 di kampus IAIN Sorong. (rosmini)
2. Pengibaran bendera Merah Putih yang berlangsung khidmat. (rosmini)

Dalam sambutannya, Menag RI juga berharap ASN Kementerian Agama harus bergerak memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal.  Memasuki  periode Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, Menag berharap  seluruh ASN Kementerian Agama untuk menyiapkan diri dengan akselerasi kerja yang cepat, transparan dan profesional.

“Di pundak kita, ada tanggung jawab yang cukup berat, yaitu menjaga kerukunan umat beragama. Saya mengingatkan ASN Kementerian Agama untuk berada di garis terdepan mengawal keberagamaan yang inklusif, moderat dan toleran. Pastikan Kementerian Agama hadir sebagai pelayan masyarakat yang profesional,”pesan menteri agama sebagaimana disampaikan oleh Rektor IAIN Sorong Suparto Iribaram.

Dalam rangkaian upacara HUT RI ke- 79,  juga diumumkan 3 kerukunan kemasyarakatan dengan jumlah mahasiswa terbanyak 1, 2 dan 3 kuliah di IAIN Sorong. Untuk yang terbanyak adalah dari Seram Bagian Timur (SBT), Ikaswara dan dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Kepada 3 ketua kerukunan kemasyarakat , rektor IAIN Sorong didampingi Warek 1, Dr. Sudirman, M.Hi menyerahkan cinderamata berupa plakat.  Dalam peringatan HUT RI ke-79, juga dilakukan penilaian busana adat terbaik.

Peserta upacara yang diikuti civitas akademika IAIN Sorong. (rosmini)

Untuk menilai busana adat terbaik, panitia meminta perwakilan dari masing-masing fakultas, unit, lembaga maju dan memeragakan busana adat yang dikenakan. Dengan melibatkan dewan juri Ketua DWP IAIN Sorong, Ny. Dian Iribaram, 3 perwakilan maju ala fashion show  dan penampilan dari peserta busana adat ini pun menarik perhatian pimpinan , dan tamu undangan .

Selain itu Ketua Panitia Lomba, Rabiudin juga meminta juara 1 pop solo, Ulil Albab tampil memperdengarkan suara merdunya lewat  lagu keroncong andalannya.  (rosmini)