Ketua DWP IAIN Sorong Ny Dian Iribaram menyerahkan hadiah kepada peserta terbaik, Dr Indria Nur, M.Pd.I. (rosmini)

Humas IAIN Sorong- Dari rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang berlangsung di Lapangan Apel Kampus IAIN Sorong, Sabtu,17 Agustus 2024, Ketua Panitia Lomba, Rabiudin, M.Pd mengumumkan juara lomba dan pertandingan yang digelar dalam Semarak 17-an.

Yang menarik , dari rangkaian  kegiatan Semarak 17-an yang digelar 14-16 Agustus 2024, panitia menetapkan satu peserta terbaik, yang diraih  Dr. Indria Nur, M.Pd.I.

Panitia menetapkan Indria Nur yang sehari-hari , Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong itu sebagai peserta terbaik berdasarkan penilaian  atas partisipasinya dalam mengikuti  beberapa lomba, seperti lomba tari poco-poco, tepung salju, badminton dan  lainnya.

Selain menetapkan peserta terbaik, juga diumumkan  seluruh pemenang lomba. Untuk lompa kreasi tumpeng, juara 1 diraih tim Rektorat, juara 2 diraih tim Dharma Wanita Persatuan (DWP), juara 3 diraih  tim Pascasarjana, harapan 1 diraih  tim tumpeng UPT, harapan 2 diraih Fakultas Syariah dan Dakwah, harapan 3 diraih tumpeng Fakultas Tarbiyah dan harapan 4 diraih tim tumpeng Lembaga.

Lomba hias tumpeng yang digelar di lantai 1 Gedung Rektorat IAIN Sorong berlangsung seru.  Dengan kreasinya masing-masing, peserta dalam satu tim kompak menghias tumpengnnya dengan aneka lauk pauk yang telah  disiapkan.

Tim Rektorat dengan tumpeng hiasanya. (rosmini)

Tim Tumpeng Rektorat yang meraih juara 1, menyuguhkan tumpeng yang beda dari yang lain, tidak lagi berbentuk kerucut seperti biasanya. Tapi tumpeng yang terbuat dari nasi kuning disajikan dengan model lambang Burung Garuda.

Lauk pauk mulai dari perkedel, ayam bakar, telur puyuh dengan aneka sayuran seperti urap menghiasi tumpeng tim Rektorat. Demikian pula dengan tumpeng tim lainnya, ada yang menyuguhkan tumpeng kerucut warna merah putih, pink juga menarik perhatian dewan juri.

Dalam penilaian   tim dewan juri yang dipimpin Ketua DWP Ny. Dian Iribaram, juga melibatkan Rektor  Dr. Suparto Iribaram, S.Sos M.Si, dan Wakil Rektor 2 Dr. Muhammad Rusdi Rasyid,M.Pd.I untuk icip-icip rasa dari  semua tumpeng yang disajikan peserta.

Usai dinilai dewan juri, selanjutnya tumpeng pun  dimakan bersama. Momen makan  bersama inilah yang ditunggu-tunggu dan suasana kebersamaan pun terasa saat pegawai, dosen berbaur di unitnya masing-masing menikmati suguhan tumpeng, nasi kuning, nasi liwet yang maknyus rasanya.

Sementara itu dari hasil lomba lainnya, untuk cabang lomba pop solo,   juara 1 diraih Ulil Albab juara 2 Dr. Hasbiah dan juara 3 diraih Desy Iriany Nurmayasary.

Sedangkan pada lomba tari poco-poco, juara 1 diraih tim tari UPT, juara 2 diraih tim Fakultas Tarbiyah, juara 3 Fakultas Syariah dan Dakwah, juara harapan 1 diraih tim Lembaga, harapan 2 tim Pascasarjana dan harapan 3 tim Rektorat.

Pada lomba busana adat, juara 1 diraih Oki Sandra Agnesa, juara 2 Ririn dan juara 3 diraih Amzah Edoba.

Juga tidak kalah serunya, lomba bakiak, dimana  untuk lomba bakiak putera, juara 1 diraih tim  Fakultas Tarbiyah, juara 2 tim Lembaga dan juara 3 diraih tim Fakultas Syariah dan Dakwah.

Tim Rektorat meraih juara 1 lomba hias tumpeng. (rosmini)
Rektor IAIN Sorong, Dr. Suparto Iribaram, S.Sos MA menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba
yang diraih tim mahasiswa. (rosmini)
Penyerahan hadiah kepada juara 1 busana terbaik yang diraih Oki Sandra, M.Pd oleh Mudir Maha’d Al Jamiah, Dr. Muhammad Huzain, S.Fil, M.Si. (rosmini)
Wakil Raktor 2 Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I menyerahkan hadiah kepada juara 1 pop solo
yang diraih Ulil Albab. (romini)

Sedangkan untuk Bakiak puteri, juara 1 diraih tim mahasiswa, juara 2 tim Pascasarjana.

Pada lomba lari karung estafet putera, juara 1 diraih tim Fakultas Tabiyah, juara 2 juga dari Tarbiyah juara 3 tim Rektorat, dan harapan 1 tim Fakultas Syariah dan Dakwah.

Untuk lomna lari karung estafet putri, juara 1 diraih tim mahasiswa, juara 2 juga dari tim mahasiswa,  juara 3 tim Fakultas Tarbiyah dan juara harapan 1 tim mahasiswa.

Sedangkan pada lomba tepung salju putera, juara 1 diraih tim TIPD, juara 2 Tarbiyah dan juara 2 tim Rektorat. Untuk lomba tepung salju putri, juara 1 tim Dharma Wanita, juara 2 tim  Tarbiyah 2  dan juara 3 tim  Fakultas Syariah dan Dakwah.

Selain itu juga diumumkan pemenang juara pertanding tenis meja dan badminton.

Kepada semua pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan oleh jajaran pimpinan IAIN Sorong.

Atas suksesnya pelaksanaan lomba Semarak 17-an ini, Ketua Panitia Rabiudin pun menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia dan seluruh civitas akademika yang telah berpartisipasi mendukung suksesnya kegiatan lomba.

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para sponsor seperti dari Bank Syariah Indoensia (BSI), dan Bank Muamalat(rosmini)