Foto bersama usai kegiatan (ist)

Humas IAIN Sorong – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (LP2M) IAIN Sorong dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) berkolaborasi menyelenggarakan Sekolah Kebangsaan Tular Nalar di Kota Sorong. Sekolah Kebangsaan ini dilaksanakan, Sabtu 13 Januari 2024 lalu di kampus IAIN Sorong.

 Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum, khusunya pemilih pemula yang ada di Kota Sorong. Namun, umumnya  yang hadir adalah mahasiswa IAIN Sorong yang belum pernah ikut dalam pemilu. Peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Hal itu terlihat dari jadwal kegiatan yang seharusnya dimulai pukul 09:00 Wit namun peserta sudah mulai datang lebih awal pada pukul 08:00 Wit.

 Maka, panitia memutuskan untuk memajukan kegiatan seiring dengan kedatangan peserta yang membludak. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meredam dan mengkampanyekan hidup tanpa hoaks di kalangan masyarakat Indonesia.

 Koordinator Kegiatan, Syahrul, menjelaskan bahwa kegiatan semacam ini sangat bagus untuk menciptakan suasana yang kondusif, damai, aman di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang hampir tiap saat diserbu dengan berita-berita hoaks.

 Ia  berharap agar kedepannya muncul lembaga-lembaga yang serupa dengan Mafindo atau kegiatan-kegiatan yang serupa dengan tular nalar agar masyarakat lebih paham dan selektif dalam menyebarkan informasi yang benar dan bermamfaat.

 Kegiatan tular nalar ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Kota Sorong Balthasar Berth Kambuaya dan Komisoner KPU Kota Sorong Hilman Djafar. Dalam sambutannya Ketua KPU kota Sorong, Balthasar Berth Kambuaya, mengajak para mahasiswa pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak yang dilaksanakan pada tanggal 14 Fabruari 2024 dan pemilihan kepada daerah pada bulan November.

 “Teman-teman tolong cek namanya di https://cekdptonline.kpu.go.id untuk memastikan nama anda ada dan untuk melihat dimana teman-teman memilih”, imbuh Balthasar.

 Kegiatan ini ditutup dengan foto Bersama dan pengambilan video dokumentasi peserta dan panitia. Yanto, salah seorang peserta dan mahasiswa IAIN Sorong mengungkap bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya yang tiap saat menggunakan media sosial. Beliau berharap agar kegiatan semacam ini digalakkan di kalangan anak muda, khususnya yang tinggal jauh dari Ibu Kota. (rosmini)