Casis Polri TA 2024 mendapatkan arahan sebelum masuk ke ruang UPT TIPD IAIN Sorong. (rosmini)

Humas IAIN Sorong – Pulihan calon siswa (Casis) Polri TA 2024 mengikuti tes CAT (Computer Assisted Test) Akademik di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong.

Kepala UPT TIPD IAIN Sorong, Erwinestri Hanidar Nur Afifi, M.Pd mengatakan, tes CAT akademik Casis Polri menggunakan 2 ruangan yakni ruang Laboratorium Komputer dan Ruangan Laboratorium Bahasa.

Sebelum tes CAT akademik, Casis Polri juga telah mengikuti tes CAT Psikotes di UPT TIPD IAIN Sorong. Untuk menunjang kelancaran jalannya tes CAT akademik, Erwinestri menjelaskan,ditengah jam perkuliahan, pihaknya profesional melayani tes CAT Casis Polri dengan mengalihkan seluruh jaringan ke TIPD.

Karena tes CAT Casis Polri dipandu langsung dari Mabes Polri, sehingga pihkanya kata Erwinestri harus menyediakan jaringan internet yang bagus dengan aplikasi yang terinstal dengan baik.
Ia pun bersyukur, karena selama tes CAT Casis Polri berlangsung di UPT TIPD IAIN Sorong semua berjalan lancar.

Tes CAT Casis Polri di TIPD IAIN Sorong berlangsung dalam 3 sesi, yakni sesi I pukul 09.00 WIT- 10.00 WIT, sesi II pukul 10.30 WIT- 11.30 WIT, dan sesi III Pukul 12.00 WIT- 13.00 WIT.
Adapun jadwal materi yang diujikan ada 4 mata pelajaran yakni wawasan kebangsaan (21 Mei 2024), tes penalaran numeric (22 Mei 2024), Bahasa Inggris (23 Mei 2024) dan Pengetahuan Umum (24 Mei).

1. Casis Polri saat bersiap mengikuti tes CAT akademik di Lab Komputer TIPD IAIN Sorong. (rosmini)
2. Casis Polri dituntun staf IAIN Sorong, mengoperasikan komputer hingga bisa masuk ke login. (rosmini)

Pantauan di UPT TIPD IAIN Sorong Selasa (21/5), sejak pagi, sekitar 50 orang casis yang mengikuti ujian sesi I sudah berdatangan. Setelah mendapatkan arahan, para casis yang semuanya putera asli Papua itu pun masuk ke Lab komputer dan Lab bahasa.

Sebelum ujian dimulai, dilaksanakan simulasi tes yang dipandu staf TIPD IAIN Sorong. Tampak para casis begitu bersemangat mengikuti tes CAT akademik ini.
Salah satu Casis, Marten Kines Kwani , alumni SMKN 3 Kota Sorong mengatakan sangat siap mengikuti tes CAT akademik.

Untuk lolos jadi polisi, Marten pun mengaku telah menyiapkan diri selama 4 bulan lebih . Termasuk menjaga fisik, kesehatannya agar selalu prima.

“Tetap semangat dan jangan mudah menyerah,”ujarnya. Dalam perjuangan tes masuk Polisi, sebelumnya, Marten Kines Kwani mengatakan telah mengikuti 3 tahap seperti psikotes, dan tes kesehatan pertama.

Memang cita-citanya jadi Polisi ? ,”Siap,”jawab Marten seraya mengaku langkahnya mengikuti tes Polri sangat didukung oleh orang tua yang selalu mensupportnya dengan doa. (rosmini)