Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA dalam servis pertama
menandai dibukanya kegiatan PKM 2024. (rosmini)

Humas IAIN Sorong- Ditandai dengan servis bola pertama pada eksebisi bulu tangkis, kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Senin siang (27/5) dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA.

Dalam sambutannya pada pembukaan PKM, Dr Suparto Iribaram didampingi isteri tercinta memberikan support kepada panitia dan mahasiswa yang akan bertanding.

Kegiatan PKM ini dinilai oleh rektor sangat positif, karena selain menggali potensi dari para peserta juga merupakan momen untuk mensosialisasikan IAIN Sorong.

Karena itu Dr Suparto Iribaram berharap agar kegiatan seperti PKM tidak hanya untuk kalangan mahasiswa, tapi juga bisa menggelar kegiatan yang mengundang pelajar SLTP hingga anak-anak TK.

Memperkenalkan IAIN Sorong kepada anak-anak TK merupakan bentuk sosialisasi jangka panjang , dan hal ini tentu sangat positif bagi kemajuan IAN Sorong.

Untuk menarik minat para generasi milenial yang kini disebut generasi Z (gen Z), Rektor pun menyarankan agar kegiatan PKM menggelar lomba yang diminat kalangan gen Z.

Sebelumnya Wakil Rektor 1 Dr Sudirman, SH, M.Hi dalam sambutannya memberikan support agar anak-anak muda selalu semangat, jangan kalah dengan orang-orang tua.

Warek I berharap kepada panitia agar tidak hanya berhenti sampai di kegiatan PKM, tapi terus menggelar kegiatan serupa yang menghadirkan peserta tidak saja dari kalangan intern kampus tapi juga eksternal, mengundang pihak luar.

“Kedepan agar kita juga memfasilitasi bukan hanya internal tapi eksternal. Jadi lomba antar sekolah, baik di olahrahga ataupun seni. Itu saya kira itu harus digalakkan terus,”harap Warek Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama.

1. Ketua Panitia PKM 2024, Nasarudin, M.Pd. (rosmini)
2. Suasana pembukaan kegiatan PKM 2024. (rosmini)

“Jika ada hal-hal yang sifatnya kebijakan, butuh suppot dari para pimpinan terutama pak rektor, itu dikomunikasikan, Insya Allah kita akan mencari jalan dan terutama kepada mahasiswa-mahasiswa yang ikut bertanding,”imbuh Dr Sudirman .

Sementara itu, Ketua Panitia PKM IAIN Sorong, Nasarudin, M.Pd dalam laporannya mengatakan, PKM IAIN Sorong yang memperebutkan piala bergilir rektor digelar sejak 2019 lalu.
Jika tahun-tahun sebelumnya, PKM menggelar 14-15 jenis lomba, tahun ini hanya digelar 5 lomba yakni badminton, pop solo, hifzil qur’an, tilawatil qur’an dan da’i.

Dikatakan oleh Nasarudin, selain untuk fun, menggairahkan mahasiwa dengan menggali potensi yang dimiliki, PKM digelar juga sebagai persiapan untuk mengikuti even nasional ke Padang.
“Tahun ini ada even besar yaitu di UIN Batusangkar Padang, namanya Pesona,”ungkapnya.

Dalam persiapan turut serta pada even Pesona, panitia tidak lagi menjaring satu-satu, tapi langsung melihat bakat dan skil mahasiswa. Nasarudin juga mengatakan, pada kegiatan PKM tahun 2024 ini, untuk pertama kalinya, panitia melibatkan masyarakat. “Jadi bukan hanya mahasiswa tapi ada masyarakat, ada calon mahasiswa pasca, kemudian ada alumni juga ada dosen LB yang ikut dalam PKM ini,”sebut Nasarudin.

Untuk suksesnya kegiatan PKM tahun 2024 ini, Nasarudin berharap dukungan untuk turut men-share pendaftaran.

“Pesertanya banyak, Insya Allah, karena kita juga targetkan untuk even Pesona dan Poros Intim di Mataram ,”tandas Nasarudin. (rosmini)