Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos dalam kunjungan di Kantor Kemenag Fakfak. (Ist)

Humas IAIN Sorong -Bertekat untuk mengembangkan IAIN Sorong agar benar-benar jadi perguruan tinggi negeri terkemuka di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA tengah gencar-gencarnya mempromosikan IAIN Sorong kepada pihak luar.
Sebagai pejabat baru, langkah yang dilakukan oleh Dr Suparto Iribaram adalah dengan menjalin silaturahmi dengan segenap stakeholder tidak saja di wilayah Sorong Raya Provinsi Papua Barat Daya, tapi juga sampai ke wilayah Kabupaten Fakfak.
Sambil pulang kampung ke Fakfak, selama 4 hari, Dr Suparto Iribaram didampingi Wakil Rektor I, Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I dan Wakil Direktur Pascasarjana Dr Sudirman, M.Hi menjalin silaturahmi sekaligus memperkenalkan IAIN Sorong kepada siswa-siswi dan para guru di dua sekolah yang dikunjungi.
Dihubungi melalui ponselnya, Wakil Rektor I, Dr Muhammad Rusdi Rasyid menuturkan, Rektor tiba di Bandara Siboru Fakfak pada Kamis (23/5) dan disambut oleh mahasiswa pascasarjana yang datang dengan spanduk ucapan selamat datang kepada Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA.
Selanjutnya ba’da ashar, Rektor bersama Warek 1 Dr Muhammad Rusdi Rasyid dan Wakil Direktir Pascasarjana Dr Sudirman menuju ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Fakfak.
Kedatangan Rektor IAIN Sorong di Kantor Kemenag Kabupaten Fakfak diterima Kepala Seksi Pendis, Drs Jumroni, MM. Pertemuan yang berlangsun dalam suasana penuh keakraban tak lain sebagai wujud membangun sinergi antar instansi dan satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama.
Selanjutnya, esok harinya, Jumat (24/5), Dr Suparto Iribaram, menuju ke SMAN 2 Fakfak. Dalam kunjungannya di SMAN 2 Fakfak, Rektor IAIN Sorong diterima oleh Wakil Kepala Sekolah SMAN2 Fakfak bidang kurikulum, Ari Musa, S.Pd mewakili Kepala Sekolah yang sedang dinas luar.

1. Pose bersama saat mengunjungi SMAN2 Fakfak.(ist)
2. Siswa MAN Fakfak yang mengikuti pertemuan dengan Rektor IAIN Sorong. (ist)

Pada pertemuan yang dihadiri para guru dan siswa SMAN2 Fakfak, Dr Suparto Iribaram memperkenalkan IAIN Sorong dengan fakultas dan prodi yang dimiliki serta fasilitas lainnya yang dimiliki IAIN Sorong seperti adanya pemberian beasiswa yang sangat membantu proses perkuliahan mahasiswa.
Dengan agenda yang sama yakni silaturahmi ,Sabtu (25/5), sekitar pukul 11.00 Wit, Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram mengunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Fakfak dan diterima Wakil Kepala Sekolah MAN Fakfak, Endang Susiani, S,Pd M.Pd.
Seperti dikatakan oleh Dr Muhammad Rusdi Rasyid, dalam pertemuan di dua sekolah SMAN2 Fakfak dan MAN Fakfak, Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram mengatakan, IAIN Sorong adalah kampus yang terbuka dan memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada para siswa dan guru-guru untuk melanjutkan pendidikan sarjana maupun pascasarjana di IAIN Sorong.
“Respon dua sekolah yang kami kunjungi (SMAN2 dan MAN Fakfak) sangat antusias ya, seperti guru-guru ada yang berminat lanjut S2 di IAIN Sorong, bahkan siswa ada yang langsung angkat tangan untuk daftar kuliah di IAIN Sorong,”tutur Dr Muhammad Rusdi Rasyid.
Sedangkan dalam kunjungan Rektor di Kantor Kemenag Kabupaten Fakfak, tak lain hanya silaturahmi dengan jajaran Kemenag yang beberapa diantaranya adalah mahasiswa pascasarjana IAIN Sorong.
Warek I yang ditanya apakah dalam kunjungan di dua sekolah ada penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) dikatakan sementara belum, hanya silaturahmi biasa .
Tujuan ke Fakfak awalnya diagendakan untuk melakukan penandatanganan MoU dengan Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos M.Si, namun karena bupati Fakfak tidak berada di tempat maka agenda melanjutkan kerjasama dengan Pemda Fakfak pun urung dilakukan. (rosmini)