Rektor IAIN Sorong, Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., MM dalam prosesi pelepasan Kontingin Poros Intim III yang akan bertolak ke Kota Mataram, NTB. (rosmini)

Humas IAIN Sorong –  Bertempat di Gedung Rektorat Lantai 3, Rabu pagi (3/7), Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. Suparto Iribaram, S. Sos., MA melepas Kontingen Pekan  Olah Raga Riset dan Ornamen Seni (Poros  Intim III)  Perguruan Tinggi Keagamaan  Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang dipusatkandi Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

  Kontingen Poros Intim III yang dipimpin Wakil Rektor 1 IAIN Sorong,  Dr. Sudirman, SH., M.Hi dijadwalkan akan bertolak ke Kota Mataram pada Kamis  (4/7).

 Pelepasan Kontingen Poros Intim III  ditandai dengan penyematan  almamater dan penyerahan bendera IAIN Sorong oleh Rektor IAIN Sorong Suparto Iribaram kepada perwakilan mahasiswa.

 Ketua Kontingen Poros Intim III IAIN Sorong, Dr. Sudirman dalam laporannya mengungkapkan, jumlah peserta yang mengikuti Poros Intim III sebanyak 7 orang, yang akan mengikuti 7  cabang lomba.

 Dikatakan oleh Sudirman, IAIN Sorong memberangkatkan kontingen Poros Intim III bukan semata untuk meraih juara, tapi yang utama adalah untuk  menunjukkan bagaimana masing-masing program studi telah memberikan andil dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meraih prestasi.

 Meraih sukses dalam lomba Poros Intim III, Dr. Sudirman pun berharap dukungan dari segenap civitas akademika  IAIN Sorong.

Pose bersama Kontingen Poros Intim III. (rosmini)

Sementara itu, Rektor IAIN Sorong Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., MA dalam sambutannya  memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang akan tampil sebagai duta-duta IAIN Sorong.

 Dalam pesannya, Suparto Iribaram berharap agar  para duta IAIN Sorong dapat menjaga nama baik almamater di even  Poros Intim III yang akan diikuti seluruh PTKIN di tanah air..

 Selain itu, dikatakan oleh rektor, meski bukan kelompok unggulan,  agar  Kontingen Poros Intim III IAIN Sorong dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya. Dengan keseriusan mengikuti lomba  kiranya hasilnya pun maksimal hingga mampu  mematahkan mindset bahwa “Ah dari Papua pasti datang begitu-begitu saja”.

 Lebih lanjut Suparto Iribaram juga sangat mendukung even Poros Intim III yang merupakan wadah dimana mahasiswa dapat menunjukkan prestasinya.

 Dengan meraih prestasi tentunya  akan mendukung peningkatan akreditasi  fakultas, prodi IAIN Sorong. Hal ini dikatakan oleh Suparto Iribaram karena  dalam peningkatan akreditas, yang juga ditanyakan adalah berapa banyak jumlah mahasiswa yang berprestasi.

 Diakhir sambutannya, Rektor IAIN Sorong Suparto Iribaram berpesan kembali untuk menjaga nama baik almamater IAIN Sorong dan saling berkoordinasi dengan mendengar petunjuk dari official.

 Sebagai duta defile dalam kontingen, Basrah Erare, mahasiswa semester 6 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) tampak menarik perhatian rektor. Dikatakan oleh rektor, kehadiran Basrah menunjukkan bahwa IAIN Sorong yang “torang punya” memang berasal dari Tanah Papua.

 Sementara itu, Tim  Official Poros Intim III IAIN Sorong, Nasaruddin, M,Pd, mengungkapkan,  cabang lomba yang akan diikuti kontingen IAIN  terdiri dari olahraga badminton, ganda putra dan  tunggal putra, MTQ putra putri, hifzil 10 juz  putra putri, pop solo, musabaqah karya tulis Al Quran dengan Dai putra puteri.

Kontingen Poros Intim III yang siap berlaga di Kota Mataram, NTB. (rosmini)

Dengan persiapan yang telah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir ini, Nasarudin yang akrab disapa Nino, pun optimis, kontingen IAIN Sorong bisa meraih juara. Terlebih pengalaman tahun –tahun  sebelumnya, IAIN Sorong pernah menjuarai cabang lomba hifzil Qur’an, Musabaqah Tilawatil Qur’an putra putri, video vlog dan Sahril Qur’an.

 Salah satu peserta, Ahmad Jafir yang akan mengikuti cabang lomba tilawatil qu’an mengatakan dengan persiapan latihan yang telah dilakukan, Ia siap mengikuti Poros Intim III dan menargetkan meraih juara. (ros)