Mewakili Pemerintah Kota Sorong, Rektor IAIN Sorong Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., MA
melepas peserta pawai takbir keliling Minggu malam (16/6). (rosmini)

Ribuan Kendaran Ramaikan Pawai Takbir Keliling Kota Sorong

Humas IAIN Sorong – Ditandai dengan mengucapkan takbir 3 kali, atas nama Pemerintah Kota Sorong, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., MA  melepas pawai takbir keliling  menyambut Idul Adha  1445 H di depan Kantor POMAL Kampung Baru, Minggu malam (16/5).

 Start dari depan Kantor POMAL, pawai takbir keliling yang  dipadati kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat melewati jalan utama Kota Sorong sampai di Km 12 kemudian balik dan  finish di Sorong City.

 Diikuti dengan gema takbir, dalam konvoi kendaraan yang cukup panjang, peserta pawai takbir keliling terutama anak-anak muda tampak begitu semangat.

 Konvoi kendaraan yang cukup panjang diikuti bunyi klaksoan menarik perhatian warga  yang melintas di jalan utama Kota Sorong

Hadir dalam pelepasan pawai takbir keliling, Dandim 1802/Sorong Letkol Czi Angga Wijaya, S.IP MA
(disamping Rektor IAIN Sorong). (rosmini)

Turut melepas peserta pawai takbir keliling,  Dandim 1802/Sorong, Letkol Czi Angga Wijaya, S.IP., MA, Kapolresta Sorong Kota yang diwakili Kabag Ops AKP Syarifudin, Danpomal yang diwakili Paur TU Lettu POM Dwi, Ketua MUI Provinsi Papua Barat KH. Ahmad Nasraun, S,Pd., MM, Kepala Kantor Kemenag Kota Sorong, Rofiul Amri, dan pejabat lainnya.

  Dalam sambutannya Rektor IAIN  Sorong Dr. Suparto Iribaram mengatakan, malam takbiran yang berlangsung dalam pawai takbir keliling merupakan salah satu bentuk syiar yang dilaksanakan menyambut Idul Adha 1445 H  Senin besok (16/6).

  “Tujuannya bagaimana bisa meningkatkan semangat kita umat muslim dalam menyambut Hari Raya Idul Adha maka diawali dengan takbiran,”ujar  Dr. Suparto Iribaram  yang ditemui media ini usai melepas peserta pawai takbiran.

 Dikatakan, sebagai syiar, pawai takbir keliling tentunya harus dilakukan setiap saat. “Bukan untuk  pamer memamerkan apa yang harus dipamerkan, ini adalah sebuah syiar. Sebuah upaya untuk meningkatkan semangat umat muslim untuk tetap teguh dalam melaksanakan  ibadah dalam menyambut pelaksanaan sholat Idul Adha,”jelas Suparto Iribaram.

  Saat yang bersamaan, umat muslim sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, maka kata Rektor IAIN Sorong, takbiran ini juga akan memberikan perlindungan, semangat kepada umat muslim  yang sedang melaksanakan  ibadah haji .

Kendaraan yang turut serta dalam malam takbiran. (rosmini)

“ Kami selaku perwakilan Pemerintah Kota Sorong,  berharap bahwa kita semua dapat melakukan pawai keliling dengan tertib, dengan lancar, semoga apa yang menjadi niat kita adalah niat untuk  bagaimana bisa melakukan syiar di bumi Papua ini khususnya di Kota Sorong Papua Barat Daya bisa berjalan sesuai harapan,”pesan Dr Suparto Iribaram .

  Dikatakan oleh Rektor IAIN Sorong,  Dr Suparto Iribaram, dengan melaksanakan pawai takbir keliling secara tertib diharapkan  apa yang menjadi niat dasar, untuk menciptkan  harmoni, memberikan kesejukan kepada kita semua dapat tercapai di Provinsi Papua Barat Daya.

 Setelah menggelar pawai malam takbiran, Ia pun berharap agar  pelaskanaan sholat Idul Adha yang telah ditentukan di sejumlah titik besok bisa berjalan tertib, lancar  dan damai.

 Usai menyampaikan sambutan, Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram kemudian mengundang pejabat yang hadir untuk bersama-sama melepas peserta pawai takbir keliling dengan mengucapkan takbir 3 kali. (rosmini)