Tentukan Skala Prioritas , Hasil Raker akan Dibahas di Tingkat Rapim

Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA saat menyampaikan arahannya di acara penutupan Raker IAIN Sorong tahun 2024. (rosmini)

Humas IAIN Sorong- Setelah berlangsung 3 hari, Rapat  Kerja (Raker) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong Tahun 2024,  ditutup oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., MA, Rabu (31/7).

 Dalam rangkaian acara penutupan Raker yang dipandu Ketua Panitia Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I, sebelumnya Pimpinan Rapat Pleno Dr. H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.A yang sehari-hari Kepala Biro (Karo) Adiministrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) menyampaikan pandangan ataupun arahan.

 Bahwa dalam rapat komisi-komisi, ada penyampaian pendapat ataupun narasi yang berbeda, itu adalah sebuah dinamika yang wajar terjadi untuk mencapai tujuan yang sama.

 Seperti diketahui dalam menyusun berbagai program, peserta raker yang terdiri dari seluruh civitas akademika IAIN Sorong terbagi dalam  2 komisi, yakni Komisi A (bidang akademik, kemahasiswaan, kelembagaan  dan kerjasama) dengan pengarah Dr. Sudirman, M.Hi dan Komisi B (bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan) dengan pengarah Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I.

  Sejumlah , usulan, program dibahas dalam rapat-rapat komisi. Puncak dari kegiatan raker yang berlangsung sejak Senin, (29 Juli 2024) diakhiri dengan penetapan hasil rapat pleno oleh Pimpinan Rapat Pleno Dr. Sudirman, M.Hi yang sehari-hari Wakil Rektor 1 IAIN Sorong.

 Dikatakan oleh Dr. Sudirman, hasil rapat-rapat komisi yang telah diplenokan dalam raker, nantinya akan dibahas kembali dalam rapat tingkat pimpinan untuk menentukan skala prioritas dari berbagai program kerja  yang diusulkan.

  Dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong Dr. Suparto Iribaram, S. Sos., MA mengaku senang dan bahagia karena selama raker berlangsung, semua peserta mengikuti dengan serius, tidak ada yang mondar-mandir.

Ketua Panitia Raker, Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd yang tak mau kalah dalam menyampaikan pantun.

“Hari ini kita telah menuangkan semua ide kita, semua program yang telah kita pikirkan dalam satu kesepakatan atau data-data program yang nanti akan kita jalankan baik itu di tahun berjalan ataupun di 4 tahun kedepan,”ujar Suparto Iribaram.

  Untuk penguatan –penguatan  di lingkup dosen atau pegawai di IAIN Sorong, nantinya akan lebih diperdalam melalui kegiatan-kegiatan seminar dengan menghadirkan narasumber terkait.

 “Tapi hari ini saya merasa senang, saya merasa bersyukur, tidak ada satupun yang mondar mandir dalam  acara kita ini karena semuanya merasa sebagai bagian yang tidak terpisahan dari IAIN Sorong,”ujar Suparto Iribaram.

 Untuk mewujudkan IAIN Sorong sebagai kampus yang unggul , kampus  yang memiliki integritas yang tinggi maka semua unit kerja dituntut dapat melaksanakan program dengan kerja-kerja yang luar biasa.

Suasana penutupan Raker IAIN Sorong tahun 2024. (rosmini)

Rektor berharap segenap civitas akademika bekerja dengan penuh tanggungjawab sesuai job descriptionnya masing-masing.

 “Yang menjadi catatan, semua masukan dari bapak ibu nanti akan ditindaklanjuti dalam semua kebutuhan untuk penyamaan persepsi, mana yang diutamakan. Dan semua kegiatan itu kita lakukan dengan menyesuaikan anggaran kita,”ujar Suparto Iribaram. .

Lebih lanjut rektor menyampaikan harapannya agar apa yang sudah diputuskan  menjadi dasar atau pijakan dalam   membawa kampus IAIN Sorong menjadi kampus yang unggul , kampus yang berjaya di masa yang akan datang.

“Saya berharap kekompakan dan kerjasama itu selalu dijaga, karena kita memiliki hubungan yang harmonis di dalam kampus,  sehingga apa yang menjadi  cita-cita kita sebagai jembatan perubahan itu bisa terwujud dalam 4 tahun kedepan,”tandas Suparto Iribaram.

Suasana penutupan Raker IAIN Sorong tahun 2024. (rosmini)

 Rektor IAIN Sorong juga mengatakan,  dari kegiatan –kegiatan yang sudah diprogramkan itu akan menjadi rencana induk jangka panjang , sehingga yang dipaketkan 5 tahun atau 10 tahun kedepan  ada pada rencana  awal dalam raker  tahun 2024 ini.

“Hari ini, bapak ibu telah membuat sejarah untuk itu. Dan saya berharap itu bisa dilakukan jika kita sama-sama mendukung, saling kompak, tidak ada yang saling menjatuhkan,”pesan Suparto Iribaram.

 “Mari kita bersama-sama bersatu, kita jalankan  tugas dan tanggungjawab kita masing-masing dengan baik. Karena kita adalah orang-orang sebagai pelopor kemajuan IAIN Sorong. Ketika suatu saat IAIN  sudah go  internasional maka kita semua akan menjadi pelaku sejarah disitu,”tandas Suparto Iribaram penuh semangat.

 Penutupan Raker  tahun 2024 diakhiri dengan foto bersama seluruh civitas akademika IAIN Sorong. (rosmini)