Pengurus Senat Mahasiswa IAIN Sorong periode 2024-2025. (rosmini)

Humas IAIN Sorong-  Berlangsung dalam suasana khidmat, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Kamis (1/8)  melantik  pengurus senat mahasiswa (Sema) IAIN Sorong periode 2024-2025.

 Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji jabatan pengurus Sema periode 2024-2025  di Aula IAIN Sorong  diikuti dengan penandatangan berita acara pelantikan oleh masing-masing  pengurus.

 Selain Wakil Rektor 1 yang membidangi  kemahasiswaan, Dr. Sudirman, M.Hi, pelantikan pengurus Sema turut disaksikan Wakil Rektor 2, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I, Kepala Biro (Karo) Administrasi Umum , Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) , Dr. H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Dr. Surahman Amin, Lc., MA, dan Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik (ULA) H. Anwar Darwis, SE., M.Pd.

 Dalam pembacaan SK pelantikan oleh Warek 1 Dr. Sudirman, M.Hi, sebagai Ketua Umum Sema  IAIN Sorong periode 2024-2025 , M. Sihran Hamid, Sekretaris, Muhamad Nur Ilham Ilahi, Bendahara, Isti Nur Laili  Sanggel.

 Sema IAIN Sorong periode 2024-2025 dilengkapi dengan pengurus Divisi Akademik, Muhammad Rafif  Arra’fu, Dayan Djamali. Divisi Keorganisasian,  Ali Mustaqim Labolo, Dzul  Jalali Al Iklarm, Divisi Gender, Yusril Arfan Sanaki, Friska Putri Purwitasari, dan Divisi Humas, Aryo, Muhammad Husen.

 Dalam sambutannya, Ketua Sema IAIN Sorong periode 2024-2025 , Sihran hamid berharap adanya dukungan dan kerjasama dari segenap mahasiswa IAIN Sorong.

 Mengawali sambutannya, Sihran menyampaikan terima kasih karena dilantik langsung oleh Rektor Dr. Suparto Iribaram, S.os MA serta turut disaksikan oleh pimpinan IAIN Sorong.

 Sebelumnya, dengan penuh semangat, Sihran memimpin yel-yel “Senat mahasiswa , kerja nyata  aspirasi tercipta” dan diikui dengan slogan “ IAIN Sorong Kitorang Punya”.

Ketua Senat Mahasiswa IAIN Sorong periode 2024-2025, M Sihran Hamid saat tampil perdana menyampaikan sambutan. (rosmini)

Dalam menyampaikan visi dan misinya, Sihran mengatakan, kegiatan organisasi intra kampus masing kurang, karena itu untuk kemajuan IAIN Sorong,  kedepannya, Sema akan hadir menindalanjuti hal ini.

 “Karena kemajuan IAIN Sorong kedepan,salah  satunya juga ditentukan oleh kualitas mahasiswanya,”ujar  Sihran, yang disambut dengan ucapan “betuuul,” dan aplaus panjang dari para mahasiswa.

 Dalam misi pengurus Sema satu tahun kedepan, Sihran mengatakan perlunya membangun solidaritas  dan persatuan mahasiswa sesuai dengan tri dharma peguruan tinggi .

 Selain itu, Sema IAIN Sorong juga akan melaksanakan program-program yang berfokus pada peningkatan hard skill dan soft skill.

  “Jadi kedepannya kami akan mengusahakan untuk  bagaimana bisa mengembangkam program-program ini agar bisa memajukan kampus IAIN Sorong serta dapat memiliki daya saing global,”ujar Sihran, mahasiswa Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong.

  Dikatakan  Sihran, mahasiswa tidak hanya bertugas  untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik saja, tapi lebih dari itu, mempunyai  tugas dan tanggunjawab yang lain, dimana mahasiswa adalah agen of change, membawa perubahan.

 “Mahasiswa juga salah satu elemen yang bisa mengembangkan bangsa. Apa jadinya bangsa ini jika seluruh mahasiswa di Indonesia menjadi mahasiswa yang apatis, menjadi mahasiswa yang bodok amat dengan kejadian di sekitarnya,”ujar  Sihran.

 “Kedepaan kita sama-sama berjuang, sama-sama berkontribusi pada semua elemen kampus memperjuangkan kampus kita untuk lebih maju kedepan,”pungkas  Sirhan.

 Sebelumnya, tampil menyampaikan sambutan, ketua demisioner  Sema IAIN Sorong  Takbir  Ramadansyah yang berharap pengurus Sema periode 2024-2025 selalu semangat tidak hanya diawal saja tapi semangat itu sampai di akhir  masa kepengurusan nanti.

 Sementara itu Warek 1 Dr. Sudirman mengatakan, di era kepemimpin Rektor Dr. Suparto Iribaram, S. Sos., MA,  menghidupkan hak-hak mahasiswa,  dan salah satu representasenya adalah mengaktifkan kembali lembaga mahasiswa yang sudah lama “tidur”.

 “Oleh karena  kami sangat bangga dengan adik-adik  mahasiswa karena itu sudah mendedikasikan diri, untuk bagaimana menjadi anggota senat untuk menampung dan menyampaikan aspirasi mahasiswa  ,”ujar Dr. Sudirman.

 Ia berharap pengurus Sema IAIN Sorong dapat menjalankan amanah yang diemban dalam pelantikan ini, menyerap aspirasi  mahasiswa yang betul-betul dari mahasiswa , bukan  yang hanya  dari  golongan tertentu.

Penandatanganan berita acara pelantikan oleh masing-masing pengurus Sema IAIN Sorong. (rosmini)

Sementara itu, Rektor IAIN Sorong, Suparto Iribaram mengatakan, mahasiswa harus menunjukkan sesuatu yang bisa meninggalkan kesan yang baik dalam organisasi.

Dalam bertindak mahasiswa jangan menggunakan otot tapi menggunakan otak.  “Nah kita hebat karena  kita menggunakan otak. Apapun itu bisa kita pakai untuk bagaimana kita meninggalkan jejak-jejak kita bahwa kita pernah hidup di atas bumi,”tandas rektor.

  Kalau anda mau menulis maka tulislah dengan hati, maka Insya Allah anda akan selalu dikenang orang melalui karya yang anda buat.  “Artinya bahwa kita meninggalkan sesuatu yang dikenang,”tandas Suparto Iribaram.

 Selain itu, Sema IAIN Sorong juga diminta untuk tidak  tertinggal dengan perkembangan tekhnologi yang tumbuh dengat pesat.  “Sebagai mahasiswa, saya berharap kita semua saling bekerjasama, anda sebagai representase dari mahasiswa yang luar biasa untuk kampus ini,”ujar rektor.

  Lebih lanjut, rektor juga minta kepada  Sema   berperan mensosialisasikan IAIN Sorong kepada masyarakat  bahwa IAIN Sorong adalah  kampus yang terbuka untuk umum, tidak hanya belajar mengaji, tapi juga ada program studi umum dengan fasilitas yang sangat representatif.

  Sebagai seorang mahasiswa harus punya kecerdasan untuk menghasilkan sesuatu yang ilmiah. Selain itu rektor juga berpesan agar mahasiswa  harus  mampu membangun network, jaringan dengan instansi lain atau teman lain untuk menambah wawasan  dan pengetahuan. (rosmini)