Analisis SDM, Aparatur Ahli Muda, Syamusiudin Datu saat menerima piagam penghargaan di Bali . (ist)

Humas IAIN Sorong –  Patut dibanggakan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menerima piagam penghargaan Satuan Kerja  Terbaik Peringkat Kedua, kategori PTKN –Institut dalam pelaksanaan  pengadaan calon aparatur sipil negara (CASN)  Kementerian Agama RI.

 Piagam penghargaan ini diterima oleh Analisis SDM Aparatur Ahli Muda IAIN Sorong, Samsudin Datu, S.Pd., M.Pd pada kegiatan sosialisasi penerimaan CASN tahun 2024 untuk Kemenag RI, di Bali 12-13 Juni Tahun 2024  .

 Kepada media ini, Kepala Biro Administrasi, Umum, Akademik dan Kepegawaian (AUAK) Dr  H.M Arsyad Ambo Tuo,M.Ag menjelaskan, piagam penghargaan ini diterima karena IAIN Sorong dinilai berhasil dalam melakukan pemetaan kebutuhan CASN pada formasi 2023 lalu.

  Pemetaan itu menyangkut berapa gambaran kebutuhan CASN baik  itu dari  unsur tenaga pendidik (dosen), maupun dari tenaga kependidikan.

 “Kita coba petakkan berdasarkan dengan kebutuhan yang ada saat ini, ditambah lagi  dengan prospek ketika kemungkinan kita akan melakukan penambahan prodi ya otomatis juga membutuhkan penambahan tenaga,”jelas Karo AUAK  Dr  Arsyad Ambo Tuo.

 Dikatakan oleh Karo AUAK, dalam pengadaan CASN, IAIN Sorong melaksanakan  berdasarkan permintaan dari pusat data  yang  telah penuhi dengan memetakkan yaitu pemetaan antara kebutuhan dari unsur PPPK dan pemetaan dari unsur CPNS.

 “Kalau kita bicara tentang CASN itu kan paling tidak ada 2 disitu yaitu ASN  yang cikal bakal menjadi PPPK, dan cikal bakal menjadi CPNS,”ujar Karo AUAK Dr Arsyad Ambo Tuo.

 Terkait dengan piagam penghargaan yang pertama kali diterima oleh IAIN Sorong, Dr Arsyad Ambo Tuo mengatakan, pada prinsipnya bahwa apa yang telah dilakukan  adalah bagian dari tugas yang diemban.

 Penyerahan Piagam Penghargaan dari Analis SDM kepada Biro AUAK
Penyerahan Penghargaan dari Biro AUAK kepada Rektor IAIN Sorong yang di dampingi WR.1 dan Analis SDM

 “ Tetapi ternyata pusat melihat bahwa mungkin cara pengusulannya dibanding dengan PTKN lain itu sedikit berbeda. Sehingga kita mendapatkan apreseasi dalam  bentuk penghargaan dalam rangka pelaksanaan CASN di Kemenag RI,”jelasnya.

 “Jadi sekali lagi bahwa apa yang kita lakukan ini memang merupakan bagian daripada  tugas kita, tapi Alhamdulillah justru atasan memberikan apreseasi kepada kita untuk bagaimana kita lebih termotivasi untuk melakukan itu bukan hanya yang berkaitan dengan pengadaan CASN tapi juga ada yang berkaitan apa yang menjadi tugas di institusi kita,”imbuh Karo AUAK IAIN Sorong, Dr H. M . Arsyad Ambo Tuo.

 Ditambahkan oleh Analisis SDM Aparatur Ahli Muda, Samsudin Datu, S.Pd, M.Pd , penghargaan sebagai Satuan Kerja Terbaik Peringkat Kedua, kategori PTKN –Institut diterima karena ketika diberikan formasi penerimaan CASN, IAIN Sorong mampu menyelesaikan dengan cepat, tepat dan sesuai dengan waktu yang yang ditentukan,

 “ Alhamdulillah, IAIN Sorong, tahun 2023, ketika dikasi formasi, kami buka secara transparan dan pendaftar juga begitu banyak, dan alhamdulillah bisa sampai tingkat kelulusan, mulai dari SKDnya sampai ke wawancara, ada yang lulus, ada yang tidak lulus,”jelas Samsudin  Datu.

  Lanjut dikatakan oleh  Samsudin Datu, ketika  yang tidak lulus melakukan sanggahan,  pihaknya dapat   menjawab sanggahan itu dengan tepat waktu.  Demikian pula  dengan laporan penyelesaian penerimaan CPNS  tahun 2023 juga dapat dilaporkan  tepat waktu.

 Yang pasti dikatakan Samsudin Datu, penghargaan ini diterima , atas  kerja keras, kerjasama tim IAIN Sorong. “Dalam proses  penerimaan formasi tahun  2023 itu,alhamudillah IAIN Sorong bekerja dengan baik. Dan ini semua tidak lepas dari kerjasama  tim, terutama bimbingan dan arahan dari pimpinan  IAIN Sorong,”ujar Samsudin Datu.  (rosmini)