Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA saat menyampaikan sambutan. (rosmini)

**Kegiatan Lomba Sukses, Rektor IAIN Sorong Apresiasi dan Puji Kekompakan Ibu-ibu

Humas IAIN Sorong –  Rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H  yang dirangkai  dengan penutupan kegiatan lomba shalawat,  hadrah, samra, dan cerdas cermat oleh Pj. Gubernur yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua Barat Daya, Irma Riyani Soelaiman, S.Sos., MM, Selasa (1/10) di Aula Kampus IAIN Sorong berjalan lancar.

Suasana peringatan Maulid Nabi Muahmmad SAW sangat terasa saat ibu-ibu panitia yang dipimpin Ketua Fatayat NU kota Sorong tampil bersalawat dalam mahalul qiyam.

Disela  kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ririn Musdalifah, MA tampil mensosialisasikan kiprah IAIN Sorong yang telah berkembang demikian pesat.

Seperti yang disampaikan oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Suparto Iribaram , S.Sos., MA, patut bersyukur karena di Papua Barat Daya ada satu kampus yang didalamnya diajarkan nilai Islam di Tanah Papua.

“Kami IAIN Sorong dari waktu ke waktu berusaha memberikan fasilitas terbaik untuk pelayanan pendidikan di Tanah Papua.  Kami sadar  bahwa kami adalah kampus yang siap untuk memberikan kontribusi bagaimana menciptakan sumber daya manusia (SDM) di Tanah Papua,”ujar Suparto Iribaram.

Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirangkai dengan penutupan kegiatan lomba. (rosmini)
Ketua DWP IAIN Sorong, Ny Dian Iribaram menyerahkan piala kepada juara 1 lomba samra yang diraih pemuda Melati Raya. (rosminI)

Dikatakan bahwa Papua sangat kaya dengan kekayaan alamnya. Dengan kekayaan yang dimiiki,   tinggal bagaimana generasi muda  kita memperisiapkan diri untuk melakukan hal-hal inovatif dalam mengembangkan semua keragaman dan kekayaan alam kita.

Tentu bukan hanya keragaman  sumber daya alam,  masyarakat Sorong yang majemuk juga semestinya jadi kekuatan. “Jika kita bersatu maka kita bisa berbicara banyak untuk kepentingan  pengembangan SDM di Papua,”tandas Suparto Iribaram.

Bahwa di kampus IAIN Sorong juga mengajarkan bagaimana kehidupan yang moderat, bagaimana bersosialisasi di tengah masyarakat menuju harmonisasi dalam kehidupan.   Jika ada perbedaan pendapat, itu manusiawi,  bagaimana perbedaan itu menjadi satu kekuatan.

Dan kampus IAIN Sorong lanjut Suparto Iribaram, menyediakan fasilitas untuk bagaimana mengenyam pendidkan sebaik  mungkin. “Insya Allah semua yang menjadi niat baik bapak ibu ada di sini (IAIN Sorong),”imbuh rektor.

Lebih lanjut, Suparto Iribaram mengatakan, melanjutkan perguruan tinggi yang terpenting bukan kampus itu punya nama atau tidak, tapi yang utama adalah niat untuk kuliah.

“Keberhasilan kembali pada niat seseorang. Walaupun kita kuliah di tempat yang jauh kalau niat tidak ada, maka Insya Allah tidak dapat juga ilmunya. Biar kita  kuliah di kampus yang kecil tapi kalau semangat kita untuk mengembangkan diri maka Insya Allah kita bisa mendapat ilmu yang sebanyak-banyaknya,”tandasnya lagi.

Dari peringatan  Maulid Nabi  Muhammad SAW ini, Suparto Iribaram mengajak bagimana kita mampu untuk saling bersilaturahmi, bertemu,  Insya Allah  kita bisa dapatkan rejeki di sini.

“Karena rejeki itu datang dari sisi yang tidak pernah kita duga. Banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika menghadiri hajatan atau undangan,”ujarnya.

Dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini,  lanjut Suparto Iribaram, bagaimana kita bisa bersatu, bersama-sama untuk menuju keharmonisan hidup  dalam kehidupan kedepan maupun untuk selama-lamanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dari tanggal 25-30 September 2024. “Itu saya menyaksikan sendiri bahwa kesibukan ibu-ibu itu luar biasa. Mudah-mudahan itu tercatat sebagai amal ibadah karena kita punya niat yang baik,”tandasnya.

Rektor juga memuji kekompakan ibu-ibu majelis taklim, ibu-ibu muslimat, Fatayat NU dan organisasi perempuan dan keagamaan lainnya  yang telah bekerja sama dengan baik mensukseskan kegiatan lomba ini.  Seperti diketahui  dengan Ketua Panitia Saodah Wahab, ada 8 organisasi nasional dan lokal yang terlibat dalam kegiatan ini, yakni Muslimat NU Kota Sorong, BKMT Kota Sorong, Fatayat NU Kota Sorong, GMT Kabupaten Sorong, KPWI, Anshor NU Kota Sorong, IPNU Kota Sorong, dan IPPNU Kota Sorong.

“Luar biasa kelompakan semua sehingga kita bisa bersatu dan menunjukkan bagaimana ukhuwah Islam itu adalah rahmat bagi seluruh alam,”ujar Suparto Iribaram.

Sebelumnya, tampil menyampaikan sambutan Kepala Kemenag Kota Sorong yang diwaliki Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Kota Sorong, Syahirudin, S.Pd.

Hikmah peringatan Maulid Nabi Muhamamd SAW yang disampaikan Ust Eduar Paleso, S.Ag. (rosmini)

Sementara Hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW disampaikan oleh Ust Eduar Paleso,S.Ag yang begitu bersemangat dan intinya mengajak untuk kita meneladani  Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, tetap bersatu, tidak mudah terpecah belah apalagi dimomen menjelang Pilkada 2024.

Suasana langsung berubah riuh yang disertai sorak-sorai dari mahasiswa yang ada di bagian belakang ketika  penceramah Ust. Eduar Paleso berharap kepada para dosen di IAIN Sorong tidak asal main coret-coret usulan propoasal ataupun skirpsi dari mahasiswa, apalagi pakai  tinta merah.

 

Tamu undangan yang mengadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad 1446 H dan penutupan kegiatan lomba di Kampus IAIN Sorong. (rosmini)

Ia berharap tetap mengedepankan hati nurani sehingga mahasiswa juga lebih semangat menyelesaikan kuliahnya.

Tampak hadir  dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan penutupan kegiatan lomba, sejumlah perwakilan Forkopimda, Ketua KKSS Provinsi Papua Barat Daya, Ir. H. Muhammad Said, ST. IPM, M.Pd,  yang juga alumni IAIN Sorong dan Calon Wakil Walikota Sorong,  Ketua PHBI Kota Sorong yang sehari-hari Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Sorong Ridwan Iribaram, MM,  Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Sorong Ny. Dian Prameswara Iribaram, Ketua IWSS Papua Barat Daya, Hj. Noorjannah, serta ketua-ketua organisasi perempuan dan keagamaan Islam serta jajaran pimpinan IAIN Sorong dan tamu undangan lainnya.  (ros)