Gedung Perpustakaan Digital yang baru kembali buka layanan. (ist)

Humas IAIN Sorong – Setelah proses pindah dari gedung lama (depan kampus) ke gedung baru (depan Fakultas Tarbiyah) Perpustakaan IAIN Sorong Kembali membuka layanan normal pada Selasa, 14 Mei 2024, jam layanan 08.00-15.30 WIT.
Layanan perdana ini diupayakan bisa dijalankan optimal sembari tenaga teknis perpustakaan menyiapkan beberapa indikator mutu layanan professional. Kepala UPT Perpustakaan IAIN Sorong, Rabiudin mengatakan, bahwa kebijakan ini diambil dalam rangka menunjang layanan akademik dosen dan mahasiswa setelah hampir sebulan lamanya penundaan layanan kunjungan.
“Kami menyadari tingginya animo dosen dan mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan dalam rangka membaca dan meminjam buku, meskipun beberapa buku sedang dilakukan penataan kembali, sepertinya Kami telah siap 70% untuk pelayanan,”jelas Rabiudin.
Ia pun menambahkan bahwa jika aktivitas layanan telah dilakukan kepada pengunjung dan brharap agar tetap memperhatikan tata tertib kunjungan perpustakaan sebagaimana yang telah ditentukan sebelumnya. “Tata tertib layanan dan kunjungan perpustakaan belum berubah,masih sama dengan dokomen lalu, untuk lebih meningkatkan keteraturan layanan, Kami mohon beberapa hal dalam tatatertib tersebut untuk kita perhatikan,”tandasnya.
Lebih lanjut, Rabiudin mengatakan , para pengunjung bisa melakukan reservasi buku melalui aplikasi opak (http://opac.iainsorong.ac.id) jika seandainya buku yang dicari tidak terdapat dalam rak buku yang dipajang, sebab ada beberapa buku yang mungkin saja digunakan oleh mahasiswa Tapi saat ini sedang diarsipkan dalam ruang penyimpanan.
Mengingat buku-buku yang di display hanyalah buku terbaru dan familiar digunakan oleh dosen dan mahasiswa. Ia berharap beberapa kekurangan layanan akan disempurnakan seiring dengan berjalannya waktu dan pengadaan dan pemasangan alat pendukung layanan perpustakaan.
Sebagaimana diketahui, bahwa pada tahun 2023, IAIN Sorong mendapatkan bantuan SBSN berupa bangunan Gedung Perpustakaan Digital. Gedung baru ini dirancang dalam struktur tiga lantai. Lantai 1 digunakan untuk ruang administrasi, penyimpanan buku dan layanan konsultasi. Sementara pada lantai 2 terdapat ruang baca dan peminjaman buku, ruang meeting serta ruang studio. Selanjutnya di lantai 3 terdapat Aula Mini dan kantin serta Rooftop yang bisa digunakan untuk membaca buku sambil bersantai.
Gedung yang tentunya lebih nyaman ini juga dilengkapi dengan mushola, WC umum, ruang MPASI dan pelayanan baca buku digital dalam komputer yang dapat menunjang semua aktivitas dosen dan mahasiswa di dalam perpustakaan. (ist/rosmini)