Tiga Mahasiswa IAIN Sorong, Dayan Jamali, Muhammad Husein, dan Nurfadhilah Nadiyah yang akan ikut
KKNT Nusantara Moderasi Beragama di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. (rosmini)

Humas IAIN Sorong – Mewakili Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, tiga mahasiswa, Dayan Jamali,  Muhammad Husein, dan Nurfadhilah Nadiyah akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKNT) Nusantara Moderasi Beragama (NMB)  yang dilaksanakan Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

  Dijadwalkan ketiga mahasiswa semester 6  Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Syariah dan Dakwah itu akan berangkat  pada 15 Juli 2024,  dan selanjutnya mengikuti  pembekalan KKN pada 17-18 Juli 2024.

 Dalam bincang-bincangnya dengan media kampus, Dayan Jamali menuturkan, dia, Husein dan Nurfadilah ikut KKNT Nusantara di Kuningan Jawa Barat setelah Lembaga Penelitian dan  Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Sorong membuka pendaftaran bagi mahasiswa semester 6 untuk mengikuti kegiatan KKNT Nusantara Moderasi Beragama di Kuningan Jawa Barat.

  Meski dengan biaya sendiri, Dayan Jamali , Husen dan Nurfadilah langsung tertarik kemudian  melengkapi berkas pendaftaran yang dibutuhkan.

 Menanyakan kenapa tertarik jauh-jauh mengikuti KKN  di luar Sorong, dikatakan oleh Dayan Jamali, alasannya karena  “Kita ingin mencari pengalaman di luar, berusaha keluar dari zona nyaman dan bergabung dengan orang-orang  yang mungkin bukan lebih tinggi dari kita, tapi seimbang,  bisa mengimbangi mereka dan  akhirnya kita tertarik,”ujar Dayan.

 Dikatakan, kegiatan KKNT Nusantara Moderasi Beragama di Kabupaten Kuningan Jawa Barat akan berlangsung selama 40 hari. “ Tanggal 16 kedatangan peserta sekaligus pembukaan,dan  pemulangan tanggal 25 Agustus 2024,”sebut Dayan  yang dibenarkan Husen dan Fadilah.

 Jadwal kegiatan KKNT Nusantara Moderasi Beragama sudah mereka terima, dan  ketiganya akan ditempatkan di posko yang berbeda. “Untuk di desa mana nanti kami akan ditempatkan itu belum tahu , tapi kami berbeda posko,”imbuh Fadilah.

   Menanyakan apa saja  yang akan dilakukan  di  KKN NMB nanti, dikatakan Dayan bahwa sebelum turlap ke masyarakat, peserta KKN tentu akan mendapatkan pembekalan. Dan disitulah akan diketahui kelompok KKN yang diikuti akan melaksanakan kegiatan apa saja,.

 Terhadap kegiatan KKN yang butuh waktu selama 40 hari, Fadilah mengatakan, orang tua mengijinkan dan  memberikan dukungan untuk Ia berangkat KKN di Kuningan Jawa Barat.

 “Kalau orang tua tetap mendukung   apa yang saya lakukan,  bisa berekspresi begitu. Tergantung dari saya yang penting  dalam hal kebaikan,”ujar Fadilah.

 Apalagi kalau keluar kota, lanjut Fadilah, tentu akan dapat pembelajaran lebih tinggi dari yang ada di Kota Sorong. “Dan  kita juga bisa belajar dari luar dan dari luar juga bisa belajar dari kita. Jadi saling tukar pengetahuan, pengalaman,”jelas Fadilah.

 Ditambahkan oleh Husein, mengikuti KKN Nusantara Moderasi Beragama tentu akan mendapatkan banyak   teman dan juga dapat banyak pengalaman .

  “Pastinya untuk kedepannya kita bisa saling bekerjasama antar kampus,”imbuh Husein.

  Atas ikut sertanya 3 mahasiswa IAIN Sorong, sambutan mahasiswa UIN Bandung yang jadi tuan rumah dalam kegiatan KKN NMB tahun  2024 cukup besar. “Kita masih di sini sudah ada yang japri, tanya  dari mana, “dari papua”,  wih nanti  ketemu ya, semoga kalian orang pertama yang kita temui.  Jadi mereka juga sudah menunggu,”ujar Dayan Jamali.

 Yang pasti  mengikuti KKN Nusantara selain menambah pengalaman dan ilmu juga dapat banyak teman-teman baru.

 “Harapan kami, dengan mengikuti KKN Nusantara orang   di luar sana bisa tahu oh mahasiswa IAIN Sorong ternyata seperti ini. Mungkin selama ini orang berpikir kita   masih tertinggal tapi kita ingin buktikan bahwa kita setara bahkan bisa lebih dari mereka,”pungkas Dayan Jamali. (rosmini)