Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA saat memimpin pembacaan teks Pancasila. (Rosmini)

Humas IAIN Sorong- Berlangsung dalam suasana khidmat, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Dr Suparto Iribaram, S. Sos MA memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila, 1 Juni 2024.
Upacara peringatan Harla di halaman Kampus IAIN Sorong, Sabtu pagi (1/6) sekitar pukul 07.30 Wit diikuti segenap pimpinan, dosen, staf, tenaga kependidikan dan mahasiswa IAIN Sorong yang hadir dengan jas almameter hijau.
Tak lupa kelompok marchind band IAIN Sorong yang diikuti mahasiswa/I yang tampil lebih atraktif dengan kostum andalan marchindband hadir mengiringi rangkaian upacara.
Mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” peringatan Harla Pancasila 1 Juni 2024 ini merupakan yang pertama kali dipimpin oleh Rektor Dr Suparto Iribaram setelah dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 29 April 2024 lalu.
Membacakan pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Yudian Wahyudi, Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram mengajak kepada komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu, membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Dikatakan bahwa sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.
Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Peserta upacara peringatan Harla Panvasila di kampus IAIN Sorong,1 Juni 2024. (rosmini)

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,”harap Rektor Dr Suparto Iribaram.
Lanjut dikatakan, Pancasila memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan global, terutama dengan pesatnya teknologi informasi.
“Pancasila diharapkan menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi pada masa depan,”harapnya.
Karena itu Rektor Dr Suparto Iribaram mengajak semua pihak untuk memanfaatkan teknologi secara bijaksana guna menyiarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Diakhir sambutannya, Dr Suparto Iribaram mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat Pancasila sebagai anugerah melalui peringatan Hari Lahir Pancasila.

Rektor dan pimpinan IAIN Sorong dalam upacara peringatan Harla Pancasila 1 Juni 2024. (rosmini)

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,”tandasnya.
“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia,”imbuh Dr Suparto Iribara menyampaikan pidato Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi.
Yang menarik, dari rangkaian upacara peringatan Harla Pancasila di kampus IAIN Sorong, diikuti dengan penyerahan hadiah berupa piala dan uang tunai kepada peserta yang menjuarai badminton pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2024.
Usai upacara peringatan Harla Pancasila, peserta upacara mulai dari pimpinan hingga mahasiswa menikmati suguhan makanan tradisional yang direbus, seperti jagung rebus, keladi, kacang rebus, batatas kuning lengkap dengan sambalnya.
Saat menikmati suguhan tradisonal, Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram pun berbincang akrab dengan pimpinan IAIN Sorong, Karo AUAK Dr H.M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag, Warek I Dr Sudirman, SH M.Hi, dan Warek II Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I. Juga tampak Dekan Fakultas Tarbiyah Dr Surahman Amin, Lc MA dan jajaran pimpinan IAIN Sorong lainnya. (rosmini)