Warek 1 IAIN Sorong Dr Sudirman, SH M.Hi dalam pose bersama Rektor dan pimpinan UMI Makassar. (ist)

Humas IAIN Sorong –  Wakil Rektor  (Warek) 1 IAIN Sorong, Dr. Sudirman, SH., MH.I , Senin (15/7/2024) mengunjungi  kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar, Sulawesi Selatan.

 Dalam kunjungan silaturahim  di UMI Makassar,  Warek 1 Dr. Sudirman   diterima secara resmi oleh Rektor UMI Prof. Dr. H. Sufirman Rahman, SH., MH , serta turut hadir Warek 2

Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE., M.Si, Warek 3 Hj. Nurfadillah Mappaselleng, SH., MH., Ph, Warek 5, Kepala Biro dan Kabag Humas UMI.

 Kepada media kampus,  Warek 1 Dr. Sudirman menjelaskan, dalam  silaturahim dengan pimpinan UMI Makassar, Ia juga mengungkapkan agenda penting yakni menjajaki adanya kerjasama  IAIN Sorong dengan UMI Makassar.

 Kerjasama itu selain berupa penyediaan tenaga dosen untuk program studi yang diwacanakan akan dibuka di IAIN Sorong,  seperti Teknik Pertambangan,  Teknik Informatika serta  penambahan prodi  Ekonomi dan Hukum di Pascasarjana IAIN Sorong dan rencana dibukanya pendidikan Doktor (S3) di kampus hijau IAIN Sorong.

 “Ini merupakan salah satu langkah mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi. Bagaimana nanti kerjasamanya akan disusun kemudian.   Termasuk misalnya penyediaan dosen ,  untuk  Teknik  Pertambangan misalnya kita butuh sumber daya manusia (SDM) tapi jurusan Teknik Pertambangan belum ada karena di UMI ada,  jadi langkah awal sebagai  pemantik kita kerjasama dengan UMI. Jadi kita coba  buka peluang sebagai embrio untuk pengembangan prodi kedepan,”terang Dr. Sudirman melalui ponselnya, Senin (15/7).

 Dikatakan, langkah menjajaki kerjasama dengan UMI karena seperti diketahui,  UMI merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar dan terunggul di kawasan Indonesia Timur . Dalam pemeringkatan  Webometrics Rangking Web of Universities, UMI berada di peringkat 98 dari 100 universitas terbaik di seluruh Indonesia termasuk didalamnya perguruan tinggi negeri.

  Sedangkan jika     di Indonesia Timur, UMI  masuk sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik pertama di Indonesia.

  Dari pertemuan penjajakan itu, Dr. Sudirman mengatakan  akan ditindaklanjuti  dengan agenda pertemuan by zoom bersama Warek 5 Universitas Muslim Indonesia.  Dan selanjutnya kerjasama itu akan dikuatkan dalam penandatanganan MoU antara  IAIN dengan UMI Makassar.

 “Untuk MoU  nanti akan ditindaklanjuti , dibuat dulu dokumen-dokumennya,”imbuh Dr. Sudirman.

  Dalam pertemuan tersebut, Rektor UMI Prof  Sufirman Raham menyambut baik  gagasan kerjasama UMI dengan IAIN Sorong dan berharap jalinan kerjasama itu dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan di kampus IAIN Sorong dan di  Provinsi Papua Barat Daya pada umumnya. (rosmini)