Sorong (Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) – Hari terakhir pelaksanaan ujian CAT POLRI yang dilaksanakan serentak di lima wilayah Indonesia berlangsung dengan lancar. Sebanyak 2.487 casis wilayah Papua Barat terdiri atas OAP (Orang Asli Papua) dan non OAP disebar di beberapa titik instansi sekolah dan perguruan tinggi untuk mengikuti secara serentak ujian CAT POLRI dipandu langsung dari Mabes POLRI. UPT TIPD IAIN Sorong sebagai unit pelaksana teknis yang turut terlibat dalam test nasional tersebut turut andil mengambil peluang dalam melakukan sosialisasi calon mahasiswa baru IAIN Sorong.

“Sebanyak 116 casis POLRI terdiri atas 89 casis dengan klasifikasi OAP dan 27 casis non OAP telah secara lancar dan suskses kami dampingi hingga hari terakhir, berhaarap mereka dapat menjadi abdi negara yang memberikan kedamaian dan keamaan di tanah Papua,” Ujar Ibu Erwinestri H. N. Afifi, M. Pd selaku kepala unit dari UPT TIPD IAIN Sorong.

Suasana ujian CAT POLRI Ruang LAB Komputer
Suasana ujian CAT POLRI Ruang LAB Komputer
Suasana ujian CAT POLRI ruang Lab Bahasa
Suasana ujian CAT POLRI ruang Lab Bahasa

Sebagai bentuk realisasi sinergi UPT TIPD memberikan spesial diskon langsung 20% untuk biaya pendaftaran bagi para casis yang langsung mendaftar saat itu juga. Diskon ini diberikan sebagai daya  tarik dan promosi khusus dari UPT TIPD kepada casis OAP yang kebanyakan beragama non muslim. Terdapat dua program studi yang dapat menjadi pilihan yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan IPA sebagai prodi umum yang dapat mengakomodir calon mahasiswa dengan keberagaman agama.

“test di IAIN Sorong ini kita merasa nyaman dengan fasilitas dan suasana kampus, kakak IT nya juga selalu siap siaga membantu kami saat terjadi troubel dengan perangkat ujian” ujar salah satu casis OAP.

Dengan laboratorium komputer yang memiliki spesifikasi memadai, software terupdate, internet yang lancar dan ruangan bersih dan nyaman, UPT TIPD memberikan pelayanan prima terhadap seluruh casis dan yang melaksanakan test. Test CAT yang dijalani oleh para casis terdiri atas psikotest, pengetahuan akademik, dan mental ideologi. Keseluruhan unit PC yang digunakan untuk test menggunakan aplikasi SEB versi 3.7.0 for windows dengan jaringan astinet dedicated dan backup jaringan menggunakan Telkomsel Orbit.

“Kita perepare kemungkinan-kemungkinan yang terjadi jadi kita siapkan PC cadangan minimal tiga untuk setiap ruangan, dan dua Telkomsel Orbit untuk backup jaringan internet lab komputer dan lab bahasa” Ujar Zuhri selaku ketua tim teknis ujian CAT POLRI.

1/6
Penyerahan kartu ujian dan merchandise kepada pendaftar mahasiswa baru IAIN Sorong
Penyerahan kartu ujian dan merchandise kepada pendaftar mahasiswa baru IAIN Sorong
Sinergitas TIPD IAIN Sorong dan POLRI
Sinergitas TIPD IAIN Sorong dan POLRI
Foto bersama Casis OAP
Foto bersama Casis OAP
Pembagian Brosur IAIN Sorong kepada para Casis
Pembagian Brosur IAIN Sorong kepada para Casis
Pembagian Brosur IAIN Sorong
Pembagian Brosur IAIN Sorong
Tim IT UPT TIPD IAIN Sorong
Tim IT UPT TIPD IAIN Sorong

Hari terakhir pelaksanaan test (26/5) disertai pembagian brosur IAIN Sorong oleh tim IT kepada para casis POLRI sebagai sosialisasi kampus dan petunjuk untuk dapat melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Terbukti IAIN Sorong menjadi daya tarik tersendiri sebagai pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Dua orang bintara POLRI yang ikut mengawal ujian CAT di IAIN Sorong langsung mendaftarkan diri dan bergabung menjadi bagian dari sivitas akademik IAIN Sorong. Bergabung bersama IAIN Sorong, “Kitorang Punya, Kirotang Bisa”. (EHNA)