Ustad Fadzlan Saat Membawakan Ceramah

Jumat, 11 Februari 2022, diselenggarakan pembinaan Dai dan Daiyah untuk umum dan mahasiswa IAIN Sorong. Tidak tanggung-tanggung kegiatan ini diisi oleh sosok Ulama Nasional KH. MZ Fadzlan R Garamatan, S.E., MBA., MM. yang dikenal sebagai satu satunya Da’i nasional asal Papua. Diawal ceramahnya, ia menceritakan awal mulai dakwa Islam di Papua yang memacu semangat untuk ikut mengambil bagian dalam jalan dakwah ini. Beliau menguraikan deskripsi historis perjalan Islam di Papua dari zaman Islam masuk ke Indonesia hingga hari ini. Tak lupa ia menceritakan dinamika dakwah di Papua.

Hamzah Khairiya selaku Rektor IAIN Sorong turut menyambut gembira kedatangan Fadzlan ke IAIN Sorong, beliau meminta kepada Ustad Fadzlan agar mendoakan IAIN Sorong untuk bisa menjadi sentral dakwah di Papua. “Kami sangat bangga dengan kesediaan beliau untuk berkunjung dan diskusi dengan civitas Akademika IAIN Sorong, Kami memohon doa agar IAIN Sorong bisa mengambil bagian lebih besar untuk dakwah di Papua Barat, Semangat beliau perlu diteladani dalam pengembangan Islam di Papua”.

Antusias Peserta Dalam Mengikuti Kegiatan

Umar Sulaiman selaku Plt. Kepala Biro AUAK IAIN Sorong mengungkapkan bahwa sosok Fadzlan adalah sosok unik, sebab ia bisa mendirikan pesantren besar di Pulau Jawa. “Beliau adalah sosok unik dan icon untuk muslim dan Islam Papua, beliau bisa mendirikan pesantren di Jawa dengan modal wawasan dan pengalaman beliau”.
Sebagaimana diketahui, kunjungan team Fadzlan Garamatan merupakan buah diskusi Plt. Kabiro dengan Team Ustad Fadzlan. Diketahui ustad Fadzlan datang dengan sejumlah team yang turut mendampingi beliau