Humas IAIN Sorong- Berlangsung lewat zoom meeting, Unit Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Sorong, sukses menggelar workshop nasional “Writing Paper for International Conference”, Kamis (12/10).

Menurut Misnariah Idrus, M.A, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa IAIN Sorong, kegiatan workshop ini diikuti 90 orang peserta, dimana 90 % peserta merupakan mahasiswa IAIN Sorong, dan 10 % merupakan peserta umum.

Suasana workshop nasional via zoom meeting.

“Pada awalnya kegiatan ini hanya menargetkan mahasiswa yang baru saja menjalani sidang munaqasyah sebagai peserta, namun karena antusiasme peserta eksternal, maka pendaftaran dibuka seluas-luasnya,”ujar Misnariah .

Adapun tujuan dari kegiatan workshop ini, lanjut Misnariah adalah untuk menggenjot partisipasi mahasiswa pada Konferensi Internasional yang akan digelar IAIN Sorong pada November mendatang.

“Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai penelitian, academic writing, article publication baik oral (pemakalah) maupun tertulis seperti jurnal,”terang Misnariah.

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Wakil Rektor I IAIN Sorong Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I karena menilai kegiatan ini dapat memicu keberanian mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah internasional.

Dari tempat yang berbeda, Wakil Rektor 2 Hasbullah, M.Pd Ph.D menyatakan dukungannya terhadap kegiatan workshop ini dan berharap seluruh mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini.

“Dengan kemampuan publikasi karya ilmiah yang baik, maka kebermanfaatan penelitian yang dilakukan dapat dinikmati oleh lebih banyak orang, sehingga IAIN Sorong dapat lebih bermaslahat kepada masyarakat,”harap Hasbullah, Wakil Rektor 2 IAIN Sorong.

Adapun pemateri yang dihadirkan dalam workshop nasional ini yakni Nurul Hasanah, M.Pd (Dosen Bahasa Inggris IAIN Pare-Pare dengan materi “How To Write A Convincing Abstract”.

Selain itu juga hadir pemateri Andi Syamrizal, S.T, M.T (Dosen Jurusan Fisika UIN Alauddin Makassar) dengan materi “Organizing Powerful Background”. ‘ Sementara Kepala UPT Bahasa IAIN Sorong, Misnariah Idrus, S.Pd M.A tampil dengan materi “Critical Literature Review” . Dan juga hadir pemateri Efa Rubawati Syaifuddin, M.Med.Kom (Dosen Ilmu Komunikasi IAIN Sorong) dengan materi “Presenting Systematic Findings and Discussion”. (rosmini)