Humas IAIN Sorong- Dalam olahraga pencak silat, Mahasiswa Institut Agam Islam Negeri (IAIN) Baharudin G. Ngabalin memiliki prestasi yang patut diacungi jempol.
Setelah menjuarai bebeberapa iven, Baharudin, mahasiswa semester VIII pada Fakultas Tarbiyah Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Sorong kembali mengukir prestasi.
Dalam Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024 yang digelar 2 Mei- 5 Mei 2024, Baharudin berhasil meraih juara I dalam kelas B dewasa putera.
Dalam even sebelumnya, yakni Open Turnamen Pencak Silat Piala Bergilir Gubernur Provinsi Papua Barat Daya ke-1 yang digelar 26-28 Desember 2023 lalu, Baharudin Ngabalin berhasil menyabet medali emas dan dinobatkan sebagai pencak silat terbaik putera dewasa.
Pada Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024, Baharudin Ngabalin yang tergabung dalam Tim PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) mengaku sangat bersyukur bisa meraih juara I dalam kelas B dewasa putera.
Apalagi dalam kejuaraan Pencak Silat bergengsi ini, tim yang diikutinya yakni PSHT yang menurunkan 2 team yakni team A dan team B berhasil merebut juara umum 1 dan juara umum 3 (PSHT Cabang Kota Sorong).
Untuk juara umum 1, tim (kontingen) A PSHT meraih piala bergilir karena mendapatkan medali emas terbanyak. Dikatakan Baharudin Ngabalin, keberhasilan kontingen PSHT jadi juara umum tidak lepas dari persiapan yang dilakukan .
“ Kami melaksanakan latihan rutin pagi, sore dan malam dengan materi yang sudah dipersiapkan selama kurang lebih 2 bulan,”tandas Baharudin.
Dalam open tournament kejuaraan pencak silat Danlantamal XIV Cup 2024 ini, diakuinya ,hampir semua perguruan pencak silat ikut serta seperti dari Tapak Suci, Pagar Nusa, termasuk kontingen dari Lantamal XIV, Pasmar 3 Marinir, Polres Maybrat dan sejumlah perguruan pencak silat lainnya . Jumlah peserta disebutkan mencapai hingga 260 orang.
“Pesertanya diikuti oleh seluruh perguruan pencak silat di Papua Barat Daya dan Papua Barat, dari Manokwari bahkan dari Biak juga ada,”tandas Baharudin.
Setelah berlangsung 4 hari (2-5 Mei 2024) Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Makolantamal XIV Sorong resmi ditutup oleh Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Deny Prasetyo.
Dalam sambutannya saat menutup Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024, Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Deny Prasetyo mengatakan, kejuaraan ini merupakan salah satu kejuaraan yang bergengsi di tingkat provinsi karena dihadiri oleh perwakilat atlit pencak silat terbaik dari berbagai perguruan pencak silat yang bersaing meraih prestasi tertinggi.
Danlantamal pun menyampaikan terima kasih kepada semua atlit, pelatih dan official yang telah berkontribusi menyukseskan Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV 2024 ini. (rosmini)