Persiapan Mengikuti Upacara 17 Agustus 2023. Para pimpinan IAIN Sorong, Bapak Prof. Dr. Hamzah, M.Ag., didampingi oleh Kepala Biro AUAK Bapak Dr. H. Muh. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag., Wakil Rektor I IAIN Sorong bapak Dr. Muh. Rusdi Rasyid, M.Pd.I., wakil Rektor II bapak Dr. Hasbullah, M.Pd., Dekan Fakultas Tarbiyah bapak Dr. H. Surahman Amin, LC., M.A., dan Dekan Fakultas fakultas Syariah dan Dakwah bapak Dr. Bambang, MM. Sebelum menuju ke lapangan upacara di halaman kampus IAIN Sorong yang berada di depan perpustakaan, Rektor IAIN Sorong bapak Prof. Dr. Hamzah, M.Ag mengajak kepada para pimpinan untuk berpose bersama di depan moto IAIN Sorong “Harmoni dan Produktivitas” dengan pakaian adat masing-masing yang melambangkan keberagaman Nusantara yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu (Bhineka Tunggal Ika). Untuk itu, dalam perbincangan ringan tersebut tersirat harapan bersama para pimpinan IAIN Sorong adalah untuk senantiasa menjaga keharmonisan dalam mengembangkan skill yang produktif dengan tetap menjaga

sikap profesionalisme untuk kemajuan nilai nilai pendidikan yang berdasarkan visi dan misi IAIN Sorong.

Untuk itu, dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 ini diharapkan segenap keluarga besar IAIN Sorong dapat berperan aktif dan menjadi pilihan utama dalam memajukan propinsi Papua Barat Daya.

Inilah saatnya bagi kita semua untuk mendorong kemajuan nilai nilai pendidikan yang berdasarkan pada keislaman, keindonesiaan, kepapuaan, dan keindonesiaan. Saat ini IAIN Sorong sedang membina 10 program studi yang tersebar di dua Fakultas dan Pascasarjana. Fakultas Syariah dan Dakwah dipimpin oleh Dekan bapak Dr. Bambang, MM yang membina 4 program studi yaitu Ekonomi syariah, Hukum keluarga (ahwalussyasiah), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), dan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). Sementara Dekan Fakultas Tarbiyah adalah Dr. H.Surahman Amin, Lc., MA membina program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Tadris/pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan, dan pendidikan/Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk Program Pascasarjana dipimpin oleh seorang Direktur adalah ibu Dr. Indria Nur, M.Pd yang membina program studi Pendidikan Agama Islam konsentrasi distingsi Kepemimpinan Transformatif. Saat ini sedang mempersiapkan pembukaan program studi Doktor, dan juga penambahan dua program studi S2 baru yaitu Ekonomi, dan Ilmu Hukum.