Institus Agama Islam Negeri Sorong tetap akan melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Skripsi dan Ujian Tesis sesuai dengan kalender akademik meskipun dalam suasana pandemi Covid-19 dengan menggunakan beberapa media seperti Zoom claud, Google Classroom, Meet, Whatsapp dan tatap muka dengan protokoler kesehatan yang sesuai dengan kebijakan masing-masing Jurusan.

Seperti diketahui Upaya tanggap darurat pandemi Covid-19 di Indonesia mendorong perguruan tinggi dan sivitas akademik menggunakan metode ujian daring sebagai pengganti ujian tatap muka yang sementara ditiadakan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Hal ini merupakan tindak lanjut atas himbauan pemerintah pusat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan physical distancing salah satunya melalui ujian daring.

Tahap rencana berdasarkan surat pemberitahuan Waki Rektor I Bidang Akademik dan pengembangan Lembaga nomor B-0599/Sti.16(IAIN)/PP.00.9/06/2020 bahwa Pelaksanaan UAS secara daring terdapat perubahan kultur ujian dari biasanya. Dosen harus mampu menyiapkan media dan konektivitas yang mendukung UAS. Salah satu sistem yang diterima mahasiswa dalam UAS berupa pemberian pertanyaan pada aplikasi yang ditentukan dosen dengan pengumpulan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.

Dr.Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I mengatakan ‘’tahun ini kita sudah menyampaikan jadwal ujian berdasarkan hasil rapat dengan Jurusan dan Direktur pascasarjana bakal sesuai dengan kalender yang ditetapkan sebelum memasuki semester Ganjil mendatang. Adapun untuk  ujian Skripsi dan Tesis boleh melakukan tatap muka tetapi tetap pada prosedur protokoler kesehatan atau menjaga jarak dengan penguji beserta panitia pelaksana’’ pungkasnya.

Meskipun dari  segi keefektivitasan pelaksanaan perkuliahan selama ini dianggap kurang efektif oleh beberapa sumber (mahasiswa),. Namun, langkah strategis IAIN Sorong dalam mendukung pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 telah terlaksana sesuai dengan protokol kesehatan. Pelaksanaan ujian tersebut terdiri dari Ujian Akhir Semester diakhir Juni dan Pelaksanaan Ujian Skripsi dan Tesis tanggal 29/08/2020.