Sorong, iainsorong.ac.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong baru-baru ini merilis jurnal terakreditasi. Nama jurnal baru IAIN Sorong yang dimaksud ialah “Al-Fikr”. Al-Fikr merupakan Jurnal Pendidikan Islam ke-3 yang dimiliki oleh IAIN Sorong setelah Al-Riwayah dan Tasamuh.

Seperti yang disampaikan oleh Agus Yudiawan, M.Pd., selaku editor Jurnal Al-Fikr, “Alhamdulillah, Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam adalah OJS baru (6 bulan) generasi ke-4 yang dimiliki IAIN Sorong dank ke-3 terakreditasi (Keputusan Meneteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia Nomor 85/M/KPT/2020). Pembenahan masih kami lakukan di sana-sini sebagai langkah penyiapan peningkatan mutu jurnal dan reakreditasi ke depannya. Atensi dan dukungan yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami. Terimakasih” tulisnya melalui melalui grup whatsaap ASN IAIN Sorong, Jumat, 29 Mei 2020.

Apa yang disampaikan oleh editor Al-Fikr di atas menjadi bagian yang harus diperhatikan oleh pihak terkait. Karena bagaimanapun juga keberadaan wadah tempat menampung hasil gagasan para dosen dan mahasiswa mutlak diperlukan oleh instansi pendidikan.

Lahirnya Jurnal Al-Fikr di awal-awal transformasi institusi bisa menjadi sebuah batu loncatan pengembangan lembaga. Selain itu, kehadiran jurnal baru ini, diharapkan mampu membangkitkan semangat menulis para dosen dan mahasiswa sebagai salah satu bentuk amal jariyah. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag., “mohon teman-teman ASN, mari budayakan menulis. Supaya suatu saat ada lagi teman yang bisa edit dan siap diterbitkan. Apapun namanya yang penting ada ide dan ditulis, bisa individu atau kelompok. Artikel, cerpen, puisi, kata mutiara, peribahasa, motto, kata hikmah. Apapun tulisan bapak dan ibu akan menjadi produk ide dan tidak akan hilang. Dan akan menjadi lahan amal jariyah” tulisnya melalui grup whatsaap ASN IAIN Sorong.

Jurnal Al-Fikr vol. 3 No. 2 (2017) ISSN:2088-690X, dipublikasikan pada 10 Februari 2020. Bagi para pembaca yang ingin membaca artikel di jurnal Al-Fikr, silakan bisa secara online dengan cara menulis Jurnal Al-Fikr STAIN Sorong.

(Lalu Nasrulloh)