Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Papua adakan Pelatihan Wawasan Kebangsaan Angkatan 1 Pada Kantor Kementerian Agama Propinsi Papua Barat Tahun 2023 di Hotel Vega, Etamin Meeting Room Lantai 1 Kota Sorong, 14.02.2023
Kegiatan yang terjadwal kan sejak senin- jum’at, 13-17 Februari 2023 ini Melibatkan Peserta dari
1. Kementerian Agama Kota Sorong 15 ASN
2. Kementerian Agama Kab. Sorong 10 ASN dan
3. IAIN Sorong 10 ASN.
Sesuai Surat Tugas Rektor IAIN Sorong Nomor : B-0144/In.41/KP.07.5/2/2023 menugaskan 10 ASN di antaranya adalah
1. Rabiudin, M.Pd.I.
2. Erwinestri Hanidar Nur Afifi, M.Pd..
3. Miftahulfadlik Dabamona, M.Sc.
4. Oki Sandra Agnesa, M.Pd.
5. Afroh Nailil Hikmah, M.Pd.I.
6. Misnariah Idrus, S.Pd., M.A.
7. Elly Fitriani, M.Pd.
8. Abdul Azis Khoiri, M.Pd.
9. Riska Latifatul Husna, M.Pd.
10. Sella Nofriska Sudrimo, S.Si., M.Si.
Wawasan Kebangsaan merupakan Suatu pemahaman atau cara pandang yang berlandaskan keindonesiaan, yang mencakup penguasaan makna dalam implementasi nilai- nilai Pancasila dan UUD 1945, NKRI dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Adapun Tujuan dari Kegiatan ini adalah Membangun dan mengembangkan rasa senasib sepenanggungan dalam bernegara, sehingga Tercapai Persatuan dan Kesatuan yang Kuat.
Menurut Ibu Beatriks Windesy selaku ketua Panitia Salah Satu Manfaat dari Wawasan Kebangsaan adalah timbulnya Rasa Menjiwai, Semangat berbangsa dan Bernegara, yang menjadi salah satu tes Dasar Merekrut ASN dalam Penanamann Wawasan Kebangsaan Akan Bermuara dalam Mewujudkan Sosio-Politik dalam Pemerintahan yang Stabil.
Kegiatan Yang di Mulai jam 08. 00 WIT s.d. 18.00 WIT ini dengan di bagi dalam Kelompok Dasar, Kelompok Inti dan Kelompok Penunjang di mana Peserta di tuntut dapat menyelesaikan sesuai dengan Standar Kompetensi yang di tetapkan Dalam Pendidikan dan Pelatihan ini dengan 54 Jam pelajaran/ Tatap muka.
Semoga 10 ASN IAIN Sorong yang di berikan Surat Tugas dapat Menyelesaikan dan menjadi Barometer dalam Pengembangan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan IAIN Sorong.