Humas IAIN Sorong- Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan , Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong sedang dinilai oleh Team Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).
Penilaian yang bertajuk “Assesmen Lapangan Daring Akreditasi Prodi PGMI ini berlangsung 2 hari (9-11 Oktober) di Gedung Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong.
Dengan menghadirkan Asesor Prof Muhammad Zuhdi, S.Ag, M.Ed, Ph.D dan Prof Dr H. Akhyak, M.Ag, Assesmen Lapangan yang berlangsung secara during dibuka dengan sambutan Rektor IAIN Sorong, Prof Dr Hamzah, M.Ag.
Dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong, Prof Hamzah menyambut baik Assesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGMI IAIN Sorong ini. Bahwa IAIN Sorong yang berada di provinsi termuda RI yakni Provinsi Papua Barat Daya, jauh sebelumnya telah siap dalam penyediaan sumber daya manusia (SDM) khususnya pemenuhan guru madrasah di kabupaten/kota yang terbukti dari output yang dihasilkan dari Prodi PGMI .
Potensi besar yang dimiliki IAIN Sorong hendaknya dapat terserap melalui kerjasama dengan Pemerintah di Kabupaten/Kota Provinsi Papua Barat Daya, sehingga tidak ada lagi sekolah-sekolah yang kekurangan guru.
Dengan akreditasi yang dimiliki Prodi PGMI saat ini yang sudah masuk ketagori baik, diharapkan oleh Rektor, dari assesmen lapangan ini Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong dapat naik kelas dengan akreditasi baik sekali.
Sebelum dilakukan assesmen, Koordinator Prodi PGMI Oki Sandra Agnesa, M.Pd memaparkan profil PGMI IAIN Sorong, mulai dari jumlah mahasiswa, ketersediaan dosen, hingga IPK lulusan.
Yang menarik bahwa lulusan PGMI IAIN Sorong memiliki peluang kerja yang sangat besar. Seperti yang disampaikan oleh Koordinator Prodi PGMI, Oki Sandra Agnesa, belum lulus saja, mahasiswa PGMI IAIN Sorong sudah diminta oleh sejumlah sekolah madrasah di wilayah Provinsi Papua Barat Daya.
Dalam assesmen hari pertama, tampak assessor menanyakan beberapa hal, termasuk hubungan kerjasama yang telah dilaksanakan oleh Prodi PGMI seperti dengan Unicef dalam kerjasama program literasi. Selain itu juga Asesor butuh hasil wawancara dengan stakeholder, para guru dan alumni Prodi PGMI.
Selain Rektor Prof Hamzah, Assesmen Lapangan yang berlangsung during pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah turut dihadiri para pimpinan di lingkup IAIN Sorong yakni Wakil Rektor I Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) Dr H. M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr H. Surachman Amin, Lc, MA, Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah, ST Umrah, MA, Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah, Drs H. Muhammad Satir, M.Pd.I dan Koordinator Prodi PGMI, Oki Sandra Agnesa, M.Pd dan jajaran terkait lainnya.
Sementara undangan stakeholder hadir Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam (Pendis) Kota Sorong, Sahiruddin, S.Pd, Kasi Pendis Kabupaten Sorong, Arobi Bayete, S.Pd, Kepala MI Al Ma’rif Kota Sorong, A. Andriani, Kepala MI Al-Ishlah Kota Sorong, Yunawati, S.Pd. I, Kepala SD IT Al-Izzah, Abdurahman, S. Si, Kepala MI SD IT Mutiara Insan, Amrin, S, Pd.I dan sejumlah alumni Prodi PGMI IAIN Sorong. (ams)

(Rosmini)