Ketua tim asesor, Supriyanto menyampaikan ucapan selamat kepada rektor dan tim panitia akreditasi perpustakaan IAIN Sorong. Hasil yang diraih dalam visitasi kali ini mengalami peningkatan. Ia juga tak lupa menyampaikan meskipun mendapatkan hasil A dalam visitasi ini, perpustakaan IAIN Sorong harus tetap memperhatikan beberapa catatan yang telah dirangkum oleh tim asesor sebagai bahan evaluasi. Terutama dalam bidang pengadaan tenaga perpustakaan dan layanan berbasis teknologi.

“dari penggabungan hasil pemeriksaan yang kami lakukan bersama asesor II, bahwa nilai yang didapatkan oleh perpustakaan IAIN Sorong adalah 91,4 %, artinya secara skala nilai visitasi yang didapatkan adalah A atau unggul. Akan tetapi, ada beberapa catatan yang mesti menjadi PR kepala perpus, pustakawan, dan rektor, yaitu mengenai tenaga perpustakaan dan layanan-layanan yang berbasis teknologi” ungkap ketua tim asesor.

Dengan hasil yang dibacakan oleh tim asesor, membuat rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag., beserta para tim panitia yang mendengarkan secara langsung menjadi bangga dan bahagia. Bahkan salah satu tenaga perpustakaan IAIN Sorong, Agus Salim menyampaikan langsung planning yang akan dilakukan ke depannya sebagai wujud syukur atas pencapaian maksimal pada akreditasi kali ini.

“saya pribadi merasa sangat bersyukur, pak”, sambil menatap ke dua asesor yang duduk berdampingan dengan rektor IAIN Sorong. Saya meminta kepada pak rektor untuk menganggarkan dana untuk pengembangan perpustakaan dari segi sarpras, karena di lantai dasar, kami sudah memiliki planning untuk berkreasi” ucap Agus Salim.

Selanjutnya, rektor selaku pimpinan tertinggi di IAIN Sorong, tentu merasa bersyukur dan bangga atas capaian yang diraih oleh perpustakaan IAIN Sorong. Ia menyampaikan ada peningkatan dalam kinerja yang dilakukan oleh para tenaga perpustakaan, yang di mana dulu hanya 74 koma sekian persen, sekarang menjadi 91,4%.

“Alhamdulillah, terima kasih para asesor, tim panitia. Akhirnya perjuangan dan kinerja teman-teman berhasil. Artinya, kalau kita mendapatkan hasil B, maka kita gagal. Karena tahun 2019 secara persentase kita berada pada angka 74,2 persen. Sekarang 91,4 persen” tutup rektor.

Kegiatan visitasi akreditasi dinyatakan sudah selesai setalah pengumuman hasil visitasi dan diakhiri dengan dengan penyerahan dokumen hasil serta foto bersama.