sorong, iainsorong.ac.id – Wabah virus corona belum diketahui kapan titik akhirnya. Untuk itu sebagai warga masyarakat akademik agar tidak kehilangan tugas dan fungsi selama mewabahnya virus corana, beberapa pimpinan dan dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, melakukan langkah-langkah untuk memenuhi tanggung-jawab serta mengasah produktivitas.

Banyak dosen IAIN Sorong yang menulis artikel terkait masa penanggulangan virus corona yang direlevansikan dengan keilmuan masing-masing. Seperti halnya yang digagas oleh Dr. Ismail Suardi Wekke., melalui media online http://sorong terkini.id.

Selain beberapa langkah yang dilakukan oleh para dosen IAIN Sorong tersebut, Dr. Hamzah, M. Ag., selaku pimpinan tertinggi IAIN Sorong tak luput untuk mengambil bagian dalam dalam menghidupkan atmosfer akademik IAIN Sorong melalui media daring.

Rektor IAIN Sorong setiap hari memberikan ceramah singkat melalui rekaman handphone yang dikirim ke Humas IAIN Sorong untuk dilakukan editing sebelum disebarluaskan sebagai Syiar Ramadhan Rektor. Kumpulan cermah singkat rektor tersebut dapat dilihat di akun instagram @humasiainsorong.

Selain video ceramah singkat tersebut, Dr. Hamzah, M. Ag., juga diminta sebagai narasumber di acara Kajian Interaktif “Muzakarah Ramadhan” setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, pukul 17.00 Wit s.d. selesai. Acara yang diselenggarakan oleh RRI Sorong bekerja sama dengan Kanwil Papua Barat, IAIN Sorong, PCNU Kota Sorong, dan Baznas Kota Sorong tersebut membahas seputar masalah aktual keumatan.

Menurut Dr. Hamzah, M. Ag., yang dimintai pandangannya oleh Humas IAIN Sorong, melalui whatsapp, Jum’at, 1 Mei 2020, menyampaikan apresiasi dan rasa bahagia karena adanya acara “Muzakarah Ramadhan”

“Sebagai narasumber, rektor IAIN Sorong yang dilakukan secara live sehingga pendengar RRI bisa interaktif. Rektor sangat senang dengan pogram ini, karena selain pengembangan wawasan tentang masalah aktual keummatan, juga mengandung sosialisasi IAIN. Jangkauan RRI se Sorong Raya dan sekitarnya, memberi ruang bagi pendengar utk memahami kontribusi dan peran IAIN Sorong” Ungkapnya.

Dr. Hamzah, M. Ag., juga menambahkan mengenai manfaat dari acara tersebut yang terselenggara berkat kerjasama berbagai pihak. Ia mengatakan bahwa program Muzakarah Ramadhan yang dilakukan secara daring tersebut menunjukkan komitmen kebersamaan dalam memacu percepatan perkembangan sumber daya manusia di tanah Papua.

“Kerjasama ini juga mengandung makna pembangunan sumber daya manusia dalam arti luas. Tidak saja terpikirkan oleh IAIN Sorong, tetapi jalinan kerja sama program ini menunjukkan komitemen kebersamaan dalam percepatan sumber daya manusia di kawasan pulau ini” Tutupnya.
*humas