Langkah transformasi IAIN Sorong untuk mengimplementasikan Visi besarnya terus bergulir dan menunjukkan komitmen Positif. Tidak hanya fokus dalam implementasi pada skala lokal dan regional, kali ini berhasil go Nasional dengan kolaborasi epik dengan berbagai pihak. Hal ini terlihat dari pelaksanaan Program Non Gelar bagi para pendidik dan tenaga kependidikan Kementerian Agama seluruh Indonesia dalam peningkatan kompetensi digital. Program ini dilaksanakan IAIN Sorong setelah melalui komunikasi dan kerjasama dengan Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, yang juga merupakan implementasi kerjasama Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan sebagai sponsor utama. Selanjutnya IAIN Sorong menggandeng mitra resmi Google foor Education yakni PT Duta Digital Informatika (DUGI) sebagai partner dalam pelaksanaan pelatihan ini. Nantinya kegiatan ini akan berjalan selama 3 Bulan atau 12 minggu dengan struktur kurikulum yang diintegrasikan dengan muatan lokal daerah yakni kePapuaan. Bulan pertama akan diisi oleh IAIN Sorong sebagai instruktur dan Narasumber dengan pokok materi penguatan kepemimpinan transformatif pada Lembaga Pendidikan Islam, Pendidikan Islam kontemporer, Kearifan Lokal dan Perkembangan Teknologi Informasi, Literasi Digital dan Moderasi beragama. Dua bulan berikutnya akan diisi oleh PT DUGI yang mengarahkan fokus materi pada keterampilan Digital berbasis aplikasi Google. Output dari pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi Google For Education pada level 1 dan 2.

Kegiatan ini dilaksanakan dan dibuka secara  resmi pada Jum’at, 23 Desember 2022 yang dilakukan langsung oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama mewakili Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong Dr. Hamzah, M. Ag mengungkapkan rasa bangganya atas penetapan IAIN Sorong sebagai host atau tuan rumah pelaksana program ini. Menurutnya, indeks pembangunan manusia (IPM) Papua cukup rendah secara  nasional, sehingga program ini  diharapkan bisa menjadi langkah positif dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM). Pada sisi lain, letak geografis Papua yang terdiri atas banyak pulau, membutuhkan persiapan fasilitas dan dukungan besar lainnya jika harus dilakukan secara luring. Melalui pelaksanaan daring berbasis digital, program ini dinilai sangat efektif, sederhana  dan fleksibel. Selain itu Rektor IAIN Sorong berterima kasih kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Direktur PAI, Koordinator manajemen unit beasiswa LPDP-Kemenag RI dan Manajemen DUGI yang merupakan mitra resmi Google for Education.

Dr. H. Amrullah, M. Si selaku Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI dalam sambutan pembukaan dan kuliah pembukanya mengungkapkan bahwa dengan pelaksanaan program ini, IAIN Sorong menunjukkan komitmen positif dalam pengembangan teknologi di kawasan Indonesia Timur. Tak tanggung-tanggung beliau menuturkan bahwa IAIN Sorong merupakan pelaksana ke tiga dan merupakan IAIN satu satunya di Indonesia yang sanggup menjalankan program ini dengan baik. Direktur PAI juga menyampaikan bahwa IAIN Sorong merupakan PTKIN pertama di wilayah timur (Sulawesi, Maluku dan Papua) yang menjadi mitra Kemenag dalam pelaksanaan program ini. Dalam penutupnya beliau mengucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN Sorong beserta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kepala UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Erwinestri Hanidar Nur Afifi, M. Pd selaku ketua pelaksana program, peserta kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 468 orang yang tersebar dari seluruh Indonesia terdiri atas pendidik dan tenaga kependidikan di bawah naungan Kementerian Agama. Kepala UPT TIPD memaparkan bahwa program peningkatan kompetensi digital bagi pendidik dan tenaga kependidikan Batch 3 yang dilaksanakan di IAIN Sorong ini bertujuan memberikan penguatan penguasaan teknologi untuk merancang dan mengembangkan pembelajaran secara modern.  Acara pembukaan program ini diakhiri pembacaan doa oleh kepala Biro IAIN Sorong DR. H. M. Arsyad Ambo Tuo, M. Ag.

 

Berita ini juga telah terbit di kitorangnews.com dengan judul Pertama di Indonesia Timur, IAIN Sorong Gandeng Kemenag-LPDP-Dugi, Latih Guru dan Tenaga Pendidik Se Indonesia