Sorong, iainsorong.ac.id – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong mengadakan Seminar Pengawasan Internal dengan tema “Strategi Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) Berdasarkan Renstra 2019”, Selasa (27/8/2019) di Gedung Dosen Lantai I Kampus STAIN Sorong. Kegiatan ini bagian dari keseriusan STAIN Sorong di dalam pembinaan sumber daya manusia (SDM). Di samping itu, dalam suasana usaha transformasi institusi menjadi IAIN menjadikan kampus yang dikenal dengan slogan “Harmoni dan Produktivitas” ini selangkah lebih teliti di dalam menilai dosen dan pegawai demi tercapainya visi dan misi serta transformasi institusi.

Seminar yang diprakarsai oleh unit Satuan Pengawasan Internal (SPI) STAIN Sorong ini mengundang salah satu auditor profesional dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni Ibu Wilda Farah, SE., M.Si., Ak., CA., CPA. Auditor sekalugus dosen Akuntansi UIN Syarif Hidayatullah ini diharapkan mampu mentransformasikan ilmu dan pengalamannya kepada para peserta seminar yang note bene merupakan dosen dan pegawai STAIN Sorong.

Ketua STAIN Sorong, Dr. Hamzah, M. Ag. dalam sambutannya menyatakan “banyak hal yang perlu didiskusikan, jadi kalau Ibu narasumber hanya punya waktu satu hari di sini, tentu sangat kurang, mestinya satu minggu” pungkasnya.

Dr. Hamzah, M. Ag. menambahkan dalam hal transformasi institusi dibutuhkan rencana strategis yang matang untuk 25 tahun ke depan.

Pernyataan yang disampaikan oleh Ketua STAIN Sorong tersebut menunjukkan tekad yang kuat agar kampus islam negeri satu-satunya di Papua Barat ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan dapat memberikan kontribusi lebih bagi kemajuan pendidikan di Indonesia Timur, khususnya di Papua Barat. Untuk bisa melakukan itu semua tentu dibutuhkan pelebaran sayap institusi (alih status).

Dengan demikian, kegiatan demi kegiatan yang bersifat mampu mempercepat usaha alih status ini mesti terus digalakkan dan didukung penuh, seperti halnya Seminar Pengawasan Internal ini. Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) STAIN Sorong, Sumarni Randriany, S.E. selaku ketua panitia pelaksana berharap dengan kegiatan ini seluruh pimpinan, dosen, dan pegawai mendapatkan pencerahan sebagai bekal di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab agar lebih profesional.

Satu hal yang menarik dari kegiatan seminar tersebut adalah Wilda Farah selaku narasumber bercerita kepada seluruh hadirin yang hadir, betapa inginnya ia menginjakkan kakinya di tanah Papua. Sehingga, ia sangat berterima kasih atas kepercayaan STAIN Sorong mengundang ia sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

 

Penulis: Lalu

Editor: Chairul & Zuhri