Ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah, M.Ag. saat mengisi acara yang diselenggarakan oleh TV CWM Senin (6/5), dengan tema: nvestasi dunia pendidikan di era revolusi industri.

 

Acara dialog interaktif yang diselenggarakan oleh salah satu tv lokal yang ada di Kota Sorong yakni CWM, banyak mengundang tokoh untuk dijadikan sebagai narasumber pada acara tersebut. Salah satu narasumber pada acara tersebut ialah Dr. Hamzah, M.Ag. yang merupakan salah satu akademisi sekaligus ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong. Langkah ini tentu menjadi langkah postif guna mewujudkan Tiga Dharma Perguruan Tinggi. Acara tersebut tentu juga memiliki dampak yang sangat besar khususnya dalam dunia pendidikan, karena sharing knowledge ini selain dapat membuka wawasan masyarakat juga dapat menelurkan solusi-solusi cerdas untuk kemajuan dunia pendidikan di tanah air.

Sebagai langkah atau usaha untuk memajukan sebuah bangsa harus dimulai dari pembenahan sektor pendidikan. Perubahan di dunia pendidikan mesti dilakukan baik secara jangka panjang maupun jangka pendek. Proses ini harus dilalui guna tercapainya sebuah bangsa yang kuat dan mandiri. Cepat atau lambat bangsa yang sistem pendidikannya baik pasti perubahan itu akan cepat terwujud. Dampak dari perubahan di dunia pendidikan adalah tersedianya SDM yang dapat beradaftasi dengan perkembangan zaman dan mamiliki daya saing global, serta mampu memanfaatkan teknologi yang ada dan memiliki karakter yang kuat.

Seperti yang disampaikan oleh ketua STAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag. bahwa “substansi dari teknologi itu adalah mempermudah manusia untuk bekerja. Kemudian dalam hal investasi pendidikan manusia harus memiliki tiga komponen penting. Pertama karakter, hal ini diakui dunia bahwa pendidikan mampu menciptakan kemandirian. Karakter itu sendiri ada dua, yaitu karakter moral dan karakter kinerja. Kedua kompetensi, kompetensi tersebut mampu mendorong seseorang untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu bekerja sama. Ketiga adalah literasi, hal ini dapat mengarahkan SDM untuk memiliki wawasan yang luas” tegasnya dalam acara live di tv CWM. (Lalu)