Humas IAIN Sorong- Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI kembali menggelar Training of Trainer (ToT) “Kusemai Nilai.” Acara yang bertajuk “Berlandaskan Nilai, Membangun Budaya” bergulir atas kerjasama Itjen Kemenag bersama Srikandi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Itjen Kemenag dan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Indonesia.

 Ketua DWP Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Mariam Hamzah turut hadir dalam kegiatan yang telah berlangsung sejak tanggal 26 Oktober 2023 .

 Dalam sambutannya, Ketua DWP Itjen Kemenag, Cut Haslinar mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan komitmen pencegahan korupsi berbasis keluarga yang dimulai dari perempuan.

  “Program ini menjadikan perempuan sebagai titik awal pendidikan nilai-nilai antikorupsi yang dimulai dari keluarga dan terus meluas ke jejaring di lingkungan sosial masing-masing,” tuturnya pada agenda pembukaan program ToT Kusemai Nilai di Jakarta.

 “Bagi kaum ibu yang saat ini suaminya sedang diberi tanggung jawab beserta jabatan yang melekat, agar mampu menjadi support system, sehingga tercipta lingkungan pemerintahan yang bersih dan tidak koruptif,” pesannya.

“Pada momentum kegiatan yang baik ini, sesuai dengan nama acara “Kusemai Nilai”, maka kita semua yang hadir diharapkan bisa menyemai hal-hal baik terutama mencegah perilaku koruptif beserta turunan-turunannya,” tegasnya.

Sementara itu, Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat-KPK Johnson R. Ginting mengapresiasi inisiasi program ini. “Kita berada di sini untuk membangun budaya antikorupsi, dan kita berkomitmen saling menjaga satu sama lain,” pungkasnya.

Ketua DWP IAIN Sorong, Dra Mariam Hamzah menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya kegiatan ini. Selain sebagai ajang silaturahmi DWP Itjen Kemenag juga menegaskan peran perempuan dalam menopang kinerja pasangannya.

“Alhamdulillah bisa menjadi bagian dari kegiatan TOT yang dilakukan oleh DWP Itjen Kemenag kali ini, selain itu TOT “Kusemai Nilai” ini juga menegaskan peran dan fungsi perempuan selain sebagai Istri dan ibu juga menjadi bagian dari suport sistem yang menentukan arah keluarga dan kinerja para suami,”ujar Ketua DWP IAIN Sorong Dra Mariam Hamzah.

 Gelaran ToT Kusemai Nilai dilaksanakan pada 26-28 Oktober 2023. Hadir sebagai peserta Pegawai Kemenag, Pengurus DWP Kemenag, Pengurus DWP Itjen, Ketua DWP Kanwil 34 Provinsi, Perwakilan DWP PTKN, dan Perwakilan satuan kerja lainnya.(Rosmini)