Humas IAIN Sorong- Dengan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, apelperingatan Hari Santri Nasional 2023 yang dipusatkan di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Minggu pagi (22/10) berlangsung khidmat .

 Dengan dibawah terik matahari pagi yang menyehatkan, apel peringatan Hari Santri Nasional 2023 diawali dengan pembacaan teks Pancasila, menyanyikan mars santri dan  pembacaan UUD 1945. Peringatan Hari Santri Nasional 2023 juga ditandai dengan  pembacaan ikrar santri dan yang khas dari peringatan Hari Santri Nasional adalah pria mengenakan kemeja putih , kopiah dan sarung  ala santri.

  Rektor IAIN Prof Dr  Hamzah, M.Ag saat bertindak sebagai pembina apel membangkitkan semangat peserta apel dan tamu undangan untuk menggelorakan  “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

“Jihad Santri”, seru Rektor, langsung diikuti dengan kompak  dalam satu nafas dari peserta apel dan tamu undangan.  Seraya mengepalkan tangan , terdengar pekikan  “Jihad Santri Jayakan Nageri, Jihad Santri Jayakan Negeri, Jihad Santri Jayakan Negeri” . Tema Hari Santri Nasional 2023 ini pun menggelegar di arena apel halaman Kampus IAIN Sorong.

 Semangat yang luar biasa dari Rektor IAIN Prof Hamzah dalam peringatan Hari Santri Nasiona 2023 terlihat sejak kegiatan Expo Kemandirian Pasantren yang berlangsung dua hari (20-21 Oktober) di Kampus IAIN Sorong.

Dalam sambutannya, Prof  Hamzah mengatakan, di bulan Oktober 2023, ada 3 peringatan hari nasional yakni 5 Oktober sebagai HUT TNI ke 78, 22 Oktober Hari Santri Nasional dan 28 Oktober hari Sumpah Pemuda.

“Ketiga hari besar nasional ini menjadi renungan kita semua, Kalau kita melihat itu apa rangkaian dan apa maknanya,”tandas Prof Hamzah .

  Peringatan Hari Santri merupakan bagian dari komitmen kita sebagai salah satu pilar membangun  kejayaan negeri dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Santri ini sebagai penopang, dalam rangka menopang Indonesia menjadi utuh dan kokoh, memiliki kemampuan bersaing dengan negara-negara lain dalam rangka mewujudkan perdamaian abadi dalam percaturan  global. Inilah posisi santri,posisi kita semua,”ujar Prof Hamzah.

 Karena itu, Ia pun merasa perlu menggelorakan tema Hari Santri Nasional 2023 “Jihad Santri Jayakan Negeri”.  Ditemui media usai apel peringatan Hari Santri Nasional,   Rektor IAIN Sorong, Prof Hamzah menjelaskan makna tema peringatan hari Santri Nasional “Jihad Santri Jayakan Negeri adalah memperkokoh pisisi santri sebagai pilar  kejayaan negeri.

 “Karena santri itu setiap hari berdoa untuk kejayaan negeri, mereka berdoa untuk perdamaian abadi dan keadialan sosial untuk dunia. Yang kedua, mereka ituberjihad dalam arti menuntut ilmu untuk kepentingan bangsa dan negara. Mereka inilah yang nantinya akan jadi  pemimpin masa depan,”ujar Prof Hamzah.

 Ia pun mengatakan,  seluruh pondok pesantren melakukan hal yang sama. Dan yang paling khusus adalah bagaimana para santri di pondok pesantren itu bangun  tengah malam dan berdoa untuk kejayaan  negeri. “Dan ini jarang dilakukan oleh orang-orang diluar pesantren,”tandas Prof Hamzah.

 Selain tema Hari Santri Nasional, Prof Hamzah juga mengajak peserta apel dan tamu udangan untuk membangkitkan  rasa optimis untuk  bersama-sama memekikkan “IAIN Sorong Oke, Pasti Bisa”

  Dalam posisinya, secara kelembagaan, IAIN Sorong berkolaborasi dengan para  santri dalam rangka membangun  jihad dan kejayaan negeri. “ Jadi kolaborasi itu menjadi penting, kolaborasi perguruan tinggi, kolaborasi dengan pesantren, kolaborasi dengan pengusaha itu menjadi penting,”tandasnya.

 Pentingnya kolaborasi itu karena diakui oleh Rektor IAIN dalam Karena dalam dunia mengajar masih ada ponpes yang memberikan gaji kepada  guru di ponpes dengan gaji  dibawa upah minimum regional (UMR).

“ Ini juga bagian dari jihad, jihad ekonomi, bagaimana  pihak luar pesantren  melihat hal ini sebagai sebuah masalah yang harus diselesaikan. Ini juga bagian dari jihad kita.  Jadi jihad ini internal pesantren ada, diluar pesantren juga ada,”ujar Prof Hamzah,

   Dalam tanggapannya, Rektor IAIN Sorong menilai  peringatan Hari Santri Nasional di  kampus yang dipimpinnya ada  gairah kolaborasi  yang luar  biasa dengan jajaran lingkup Kemenag dan para stakeholder.

 “Pimpinan ponpes, pejabat  Kemenag dan berbagai kelembagaan, madrasah aliyah itu kumpul di sini,  Bahkan   ormas Islam, PC NU datang juga, PMII dan lainnya, ini saya kira momentum awal. Karena ini sudah menjadi kesepakatan, kita sudah berkolaborasi  maka pada Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag, 3 Januari  2024  untuk Sorong Raya, akan dipusatkan  di IAIN Sorong.

 “Mudah-mudahan kedepan kita akan membangun  kerjasama , kerjasama pesantren, IAIN dan ormas terkait, dengan Hebitren,  dalam rangka membangun kebersamaan bagaimana problematika ekonomi, problimetika mutu pendidikan sama-sama kita selesaikan,”tukas Rektor IAIN Sorong, Prof Hamzah.

 Sementara itu, salah satu santri Mahad Al Jamiah IAIN Sorong, Dinda Aprilia mengatakan, karena sudah bebas dari pandemi Covid-19,  peringatan Hari Santri Nasional  yang dilaksanakan di Kampus IAIN Sorong sangat ramai.

 “Mudah-mudahan kedepan semakin lancar, sukses para santri,”harap mahasiswi semester 1 ini.  Menyinggung tema hari santri, dikatakan, bahwa para  santri sangat berperan dalam memajukan negeri, karena itu dibutuhkan jiwa-jiwa santri  yang punya semangat yang tinggi,”ujar Dinda.

 Dalam rangkaian apel peringatan Hari Santri Nasional yang dipandu master of ceremony (MC) Desy dengan pemimpin apel, Hasan, tampil grup marchin band IAIN Sorong yang memeriahkan suasana. “Terima kasih ya,”ujar Prof Hamzah yang usai apel langsung menuju ke  grup marcind band dan menyalami mayoret Zakir dan Niken.

 Selain itu rektor juga mendatangi seluruh kelompok peserta apel dan menyalami  perwakilannya serta foto bersama.

  Hadir dalam peringatan Hari Santri Nasional di Kampus IAIN Sorong, Kakanwil yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Sirajudin Bauw, S.Pd.I M.Pd.I, Kepala Kantor Kemenag Kota Sorong Rofiul Amri,M. Pd.I , Wakil Rektor I Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I yang juga sebagai ketua panitia,  Wakil Rektor II, Hasbullah, M.Pd Ph.D, dan pimpinan lainnya di lingkup IAIN Sorong,  Branch Manager Bank  Muamalat Sorong, Erwin Hatta, para kyai dan pimpinan pondok pesantren, ketua Darma Wanita IAIN Sorong dan anggotanya serta tamu undangan lainnya .

 Rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional 2023 diakhiri dengan foto bersama. Dalam foto bersama yang dibagi per sesi, suasana gembira dan penuh kebersamaan tampak jelas tergambar dari seluruh peserta apel dan tamu undangan. Rektor IAIN Sorong Prof Dr Hamzah, M.Ag didampingi isteri tercinta pun dengan setia melayani permintaan foto bersama.  (rosmini)