Mahasiswa KKN Terpadu Posko 10 Sorong Timur 1 mengadakan lomba TPA guna menanamkan rasa cinta Al-Qur’an,  dan melatih anak-anak TPA untuk melantunkan suara adzan, agar tercipta generasi muslim yang handal. Lomba TPA yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Terpadu IAIN Sorong dilaksanakan di masjid Al-Hakim KM 12 masuk Kota Sorong. (Minggu, 06-12-2020)

Lomba ini dihadiri langsung oleh perwakilan dari Kampus IAIN Sorong, yaitu Hasbullah Ph.d,. dan Drs. Muhammad Satir. M.Pd.I selaku pendamping posko 10, Ustadz H. Rasyid Ketua TPA Al-Hakim, dan bapak Imam masjid Al-Hakim Abu Musa Sangaji S.Pd.I.,

Jumlah peserta sebanyak 100 orang, yang mana para peserta lomba diramaikan oleh para santri dari masjid Nur Ilhamm Victory, masjid Al-Hakim,  masjid Baiturrahim dan TPA Sakinah, yang mana merupakan tempat KKN dari mahasiswa posko 10. “kami sangat antusias dan mengapresiasi adik-adik mahasiswa,” ujar Ustadz H. Rasyid selaku Ketua TPA Al-Hakim.

Adapun Lomba yang diselenggarakan yaitu, Lomba Mewarnai, Lomba Adzan Kategori SD kelas 1-3 SD, Lomba Adzan Kategori SD 4-3 SMP, Lomba Hafalan Kategori SD Kelas 1-3 SD, dan Lomba Hafalan untuk kelas 4-3 SMP.

Untuk para peserta dikenakan biaya sebesar Rp.10.000 sebagai uang pendaftaran lomba. Sumber dana juga didapatkan dari Masjid Al-Hakim, BMT. Al-Hijrah, Toko Citra, Kantor Kopi Senang KM 8, dan Rumah Qur’an Indonesia (RQI).

Ketua Posko 10 Hilda Patihani menambahkan “Tujuan kegiatan ini agar anak-anak lebih mencintai Al-Qur’an dan berhubung dimasa pandemic seperti ini anak-anak lebih fokus untuk belajar pendidikan agama dan lebih mencintai Allah dan rasulnya.”

(Aul).