Sorong, iainsorong.ac.id – Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. tidak pernah menyerah dalam hal membuat citra STAIN Sorong di luar semakin dikenal dan disoroti oleh banyak pihak. Tujuan dari usaha tersebut tidak lain hanya untuk membangun sinergitas antar perguruan tinggi, dan perguruan tinggi dengan pemerintah.

Wujud nyata dari usaha yang dilakukan oleh Ketua STAIN Sorong tersebut adalah kedatangan Manajer Universitas Terbuka (UT) Sorong, Dr. Syamsuddin. Kedatangan Pak Syam (sapaan akrab beliau) adalah dalam rangka membangun kerja sama dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), penyiaran televisi, pelayanan digital, dan kolaborasi antar lembaga pendidikan, pada Selasa (26/11/2019) di kampus STAIN Sorong.

Sudah menjadi pengetahuan publik bahwa UT merupakan kampus dunia maya, dalam pengertian mulai dari proses administrasi sampai proses perkuliahan, UT selalu memanfaatkan teknologi. Tentu kenyataan itu bisa dijadikan rujukan oleh STAIN dalam mengembangkan sistem digitalisasi. Apalagi teknologi belakangan ini menjadi kebutuhan pokok dalam semua instansi. STAIN Sorong bukan berarti belum mengikuti perkembangan zaman tersebut, melainkan beberapa tahun terakhir sudah menerapakan sistem digitalisasi, hanya saja masih membutuhkan penambahan fasilitas dan SDM, apalagi mengingat sebentar lagi kampus yang berada di antara Kota dan Kabupaten Sorong ini sudah tidak lagi berstatus STAIN, melainkan IAIN.

Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, dan masyarakat pengguna tidak bisa mengelak dari kemajuan tersebut, terutama sivitas akademika. Sehingga, untuk merespon kondisi/zaman digital ini Ketua STAIN Sorong jauh-jauh hari telah mengantisipasinya. Bentuk dari antisipasi yang dilakukan yaitu mengusahakan sistem pelayanan administrasi kemahasiswaan, pelayanan perpustakaan, pelayanan internet gratis, dan lain sebagainya. Kampus Dunia Maya ini juga sudah lama digaungkan oleh Ketua TAIN Sorong dalam rangka menyambut peralihan status STAIN menjadi IAIN Sorong.

Kemudian dalam hal kunjungan manajer UT ke STAIN Sorong tersebut semakin membuktikan bahwa power dalam menarik perhatian para pejabat bisa dikatakan cukup besar. Sekaligus membuktikan doa-doa yang dipanjatkan oleh para pimpinan, pegawai, dan dosen terkabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala. Ke depan STAIN Sorong bisa menjadi kampus tempat para pencari ilmu berlabuh, karena STAIN Sorong memiliki visi yang dapat mengarahkan para pembelajar untuk memperdalam pengetahuan dalam bidang ilmu agama dan ilmu umum.