Sorong (Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong kolaborasi Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) dan Analis Muda Kepegawaian menggelar kegiatan ngopi bersama data Sister di Gedung Lab Terpadu, Selasa (20/02/2024).

Aplikasi yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristekdikti RI yang biasa disebut SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) merupakan sebuah terobosan inovasi digital dalam menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Sumber Daya IPTEK dan Dikti Nomor 3/D.D2/D1.02/2019. SISTER bertujuan untuk mempermudah, mempercepat, meringkas waktu, dan mensinergikan sertifikasi dan PAK Dosen dimasa mendatang.

“Permaslaahan integrasi PAK menggunakan aplikasi SISTER harus segera dituntaskan dalam internal IAIN Sorong. Kita harus segera beradaptasi dengan perubahan teknologi,” Intruksi rektor Prof. Dr. Hamzah, M.Ag pada saat berdialog dalam rapat pimpinan, Senin (19/2/2024).

1/3
Antusias Dosen mengamati Data PAK Integrasi
Antusias Dosen mengamati Data PAK Integrasi
Antusias Peserta Ngopi Bersama Data SISTER
Antusias Peserta Ngopi Bersama Data SISTER
Kegiatan Bongkar PAK Integrasi Kenaikan Pangkat 2024
Kegiatan Bongkar PAK Integrasi Kenaikan Pangkat 2024
Antusiasme Peserta Kegiatan Bongkar PAK Integrasi dan Kenaikan Pangkat 2024

Peserta ngopi bersama data sister secara umum dihadiri oleh dosen PNS dan PPPK yang telah memiliki NIDN. Dikupas bersama Analis SDM Aparatur Ahli Muda IAIN Sorong Samsudin Datu, M.Pd dan Kepala Unit TIPD IAIN Sorong Erwinestri H N Afifi,M.Pd.

“Kegiatan bongkar PAK Integrasi dan Kenaikan Pangkat 2024 ini, kita fasilitasi bagi dosen yang akan atau sedang mengajukan perubahan data dosen melalui platform SISTER hingga pengajukan PAK melalui platfom e-kinerja BKN. Kita harap kedepannya dosen secara mandiri bertanggung jawab atas data pribadinya sehingga memudahkan untuk proses kenaikan pangkat kedepannya,” ungkap kepala unit TIPD.

Samsudin Datu menjelaskan, setiap dosen di Perguruan tinggi wajib mendafftar SISTER Dikti untuk mendata semua dosen. Dosen juga wajib secara berkala melakukan update data simpeg5 kemenag dan melakukan pengisian SKP Tahunan melalui aplikasi e-Kinenrja. Tahun 2024 tidak ada lagi pengusulan kenaikan jabatan secara manual karena semuanya harus melalui kedua aplikasi tersebut. Beliau juga menekankan pernyataan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa “Datamu adalah tanggung jawabmu, Rusak Datamu maka perbaiki dan susun kembali arsip pribadimu”, ujarnya.

Koorprodi PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong Oki Sandra Agnesa, M.Pd mengatakan, ngopi bersama data SISTER ini menarik karena kita disuguhkan kopi Senang asli khas SOrong Papua agar kita bisa ‘melek’ data. Disamping itu pula aplikasi SISTER dan e-Kinerja merupakan kebutuhan yang sangat urgent sebab seluruh data dan kinerja tridharma dosen kedepannya harus terintegrasi dalam satu wadah portofolio untuk penilaian BKD dan pengakuan angka kredit. (EHNA)