Bertempat di Aula IAIN Sorong, 26 Juli 2023, Dr. Indria Nur, M.Pd.I., Selaku Direktur Pascasarjana IAIN Sorong membuka dengan Resmi Promosi Magister dan Yudisium Program Studi Pendidikan Agama Islam Distingsih Transformatif Kepemimpinan Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong.

Sejak Selasa dan Rabu, 25-26 Juli 2023, 10 Mahasiswa melalui Promosi Magister sebelum di Yudisium oleh Direktur Pascasarjana.

  1. Novita Eka Listianti, S. Pd. I., M.Pd.

Optimalisasi Madrasah Diniyah Al-kautsar dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Oransbari Manokwari Selatan Papua Barat

  1. Julyadin, S. IP. M.Pd.

Implementasi Kurikulum Madrasah 2019 Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong

  1. Nurul Iga Hidayati, S. Pd. I. M.Pd.

Pengembangan Modul Fiqhul Jadilah Berbasis Metode Imla’ dan Tikrar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Al Quran siswa Kelas XI Agama MAN Kota Sorong

  1. Tumiran, S. Sos. M.Pd.

Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Ideal di SMK Modelink Kabupaten Sorong

  1. Promovendus Mustaman, S. T. M.Pd.

Nilai Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Keagamaan Pada Pembangunan Masjid di Distrik Salawati

  1. Abdul Faris Umlati, S. E. M.Pd.

Strategi Kepemimpinan Daerah Kabupaten Raja Ampat dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Tanah Papua

  1. Abu Bakar Loji, S. Ag. M.Pd.

Optimalisaai Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Radikalis pada Siswa Muslim sk Kabupaten Raja Ampat

  1. Amin Loji, S. Pd. I. M.Pd.

Optimalisasi Pengajian Majelis Taklim Jam’iyatul Ikhwan dalam Meningkatkan Luterasi Al-Quran Masyarakat di Kampung Fafanlap Misool Selatan Raja Ampat

  1. Irsyad Macap, S. Sos. M.Pd.

Kepemimpinam Transfirmatif Hakim Suara Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Lembaga Masjid di Pulau Misool

  1. Adam Malik, S. Sos., M. M. M.Pd.

Strategi Kepemimpinan Transformatif Bupati dalam Membina Moderasi Beragama Bagi Masyarakat di Raja Ampat

Pelaksanaan Promosi Magister dan Yudisium ini di Hadiri Rektor dan Segenap Pimpinan dan Sivitas IAIN Sorong, Keluarga dari Para Promovendus dan Pimpinan Instansi atau Sekolah dan Tokoh Agama yang menjadi Tempat Penelitian Mahasiswa.

Selaku Direktur Pascasarjana Dr. Indria Nur, M.Pd.I. menyampaikan bahwa dari 10 Promovendus memiliki Berbagai Karakter, salah satu Promovendus hari ini Ibu Novita adalah Guru dari SMP Manokwari, Julyadin Karyawan IAIN Sorong, Tumiran merupakan Pendidik pada SMK Modelink Kab. Sorong, Nurul Iga merupakan Alumni IAIN Sorong yang bermarkas di MAN Kota Sorong, Mustaman Merupakan Manajer pada Sebuah Perusahaan, Alfaris Umlati Merupakan Bupati Kabupaten Raja Ampat, Abu Bakar Loji merupakan Ketua MUI Kab. Raja Ampat, Amin Loji merupakan Guru di Raja Ampat, Adam Malik Merupakan Kabag Protokoler Bupati Raja ampat dan Irsyad Macap merupakan Masyarakat Raja Ampat. Selain itu keunikan lainnya dari Mahasiswa ini adalah memiliki Keilmuan yang berbeda- beda.

Pascasarjana IAIN Sorong melakukan Promosi Magister karena Memiliki Program Studi Distingsih Kepemimpinan di mana Para Alumni Bisa mempertanggungjawabkan Tesis nya kepada Khalayak Ramai. Beliau juga mengajak Tamu undangan yang ingin bergabung di Pascasarjana IAIN Sorong di buka Penerimaan Mahasiswa tahun 2023 dgn berbagai Bidang Keilmuan.

Harapan Beliau dengan penyebaran Para Alumni menjadi Perpanjangan tangan maupun Informasi dalam Menggaungkan Sosialisasi institusi IAIN Sorong. Selain itu juga Pascasarjana sedang memperjuangkan Penambahan Program studi.

Dalam Pesan Akademik Rektor berharap kepada ke 10 Mahasiswa yang di Yudisium ini agar dapat membantu Menjadikan Kampus Kita Berjaya, Mengembangkan Ide yang Kita Sampaikan  kemudian menjadi Sebuah Gagasan yang kita, Kepercayaan Publik pada Pascasarjana IAIN Sorong dengan Hadir nya alumni2 dari Berbagai Disiplin Ilmu dan Perubahan Pola Pikir harus di seimbangkan dengan Pengembangan yang dapat menjadi Informasi Positif yang akan menjadi Titik Tolak dalam Pengembangan Keislaman di Luar kampus kepada Masyarakat.

Selain itu juga beliau mensosialisasikan IAIN Sorong dimana sudah mulai membuka penerimaan Calon mahasiswa lintas agama pada bidang TBI dan TIPA dan Kemudian di ikuti Pascasarjana. IAIN tdk hanya melayani umat islam namun terbuka buat semua agama sesuai dengan Konteks Moderasi beragama.

Pesan Akademik di Tutup dengan Ucapan Selamat kepada seluruh Peserta Promosi Magister dan Yudisium yang telah di nyatakan Menjadi Alumni IAIN Sorong. Selanjutnya Penyerahan Sertifikat dan Foto Bersama.