Sorong, iainsorong.ac.id – Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (PPs IAIN) Sorong kembali menggelar ujian proposal tesis pada program studi Pendidikan Agama Islam distingsi Kepemimpinan Transformatif. Kegiatan kali ini merupakan kegiatan seminar yang ke-4 selama pandemi Covid-19. Seminar proposal tesis atas nama Herman berlangsung pagi tadi, Kamis, 11 Juni 2020, sekitar pukul 10.00 WIT. Adapun penguji pada seminar proposal tesis saudara Herman adalah Dr. H. Surahman Amin, Lc., M.A., sebagai penguji I dan Dr. Sudirman, M.H.I., sebagai penguji II.

Kegiatan seminar sendiri dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom cloud, mengingat Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sorong masih menerapkan work from home (WFH), sesuai edaran dari Kementerian Agama RI.

Ketua Sidang, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I., juga tak lupa menyampaikan perihal proses ujian seminar yang berjalan lancar meskipun menggunakan aplikasi jarak jauh.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I itu menambahkan, mengenai mahasiswa yang diuji, yakni saudara Herman. Herman mengangkat judul tesis ‘’Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ritual Magaomo pada Suku Kokoda Kota Sorong’’.

“saya nilai cukup cerdas dalam menanggapi sehingga forum menjadi hidup dalam seminar tersebut. Ditambah lagi sidang yang ke-4 dalam suasan pandemic covid-19 ini dihadiri langsung Bapak Rektor IAIN Sorong dan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi pascasarjana” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor dalam sambutannya berharap kepada mahasiswa untuk tetap konsisten pada distingsi Kepemimpinan Transformatif dan terus memperkuat sisi keilmuan serta pendekatan-pendekatan yang relevan dengan arah program studi.  Rektor menambahkan “jika judul yang diusung menarik meskipun masih memerlukan data tambahan serta memanfaatkan ruang penggalian fakta agar kualitas lebih baik lagi” demikian tambahnya.

Dengan terlaksananya ujian tersebut menunjukkan sikap profesional pascasarjan untuk tetap menjalankan kegiatan akademik meskipun di tengah pandemic Covid-19, bahkan melalui wawancara via whatsaap, Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I, berharap agar semua mahasiswa pascasarjana IAIN Sorong perlu mengikuti kegiatan seminar dengan tujuan dapat menambah wawasan tentang penelitian dan kajian teori secara ilmiah.

Penulis: Nasaruddin (Nino)