Sorong, iainsorong.ac.id– Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong setiap tahunnya menyediakan beasiswa bagi mahasiswa STAIN Sorong yang mengafal Alquran. Hal ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian Ketua STAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag. dalam pembinaan generasi yang qurani. Untuk tahun 2019 ini penerimaan atau seleksi beasiswa hafidz quran diselenggarakan pada bulan September, tepatnya hari Kamis, 26 September 2019, bertempat di Ruang Rektorat Lantai II.

Dalam proses seleksi tahun ini diikuti oleh enam (6) orang mahasiswa, dua orang perempuan dan empat orang laki-laki. Hal ini menunjukkan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh STAIN Sorong tidak kalah dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya yang ada di kota-kota besar.

Dikemukakan oleh Samsudin Datu, M.Pd.I., selaku ketua panitia kegiatan penjaringan penerima beasiswa tahfidz quran tahun ini, bahwa tahun ini peserta seleksi lebih banyak dan antusias dibandingkan tahun sebelumnya, yakni tahun 2018. Tahun 2018 panitia yang mencari mahasiswa yang bisa memenuhi persyaratan, dan yang mendaftar kurang dari kuota yang sudah disediakan oleh STAIN Sorong.

“Iya, untuk tahun ini kami apresiasi kepada adik mahasiswa yang ikut seleksi beasiswa tahfidz quran tahun 2019 ini, karena banyak dibandingkan tahun kemarin. Kalau dulu kita yang cari, itupun yang daftar kurang dari kuota” ungkap Samsudin Datu dalam sambutannya.

Panitia penyelenggara mengundang Dr. H. Surahman Amin, Lc., M.A. sebagai salah satu tim penguji, beliau merupakan alumni universitas tertua yang ada di Mesir, yakni Universitas Al-Azhar. Beliau juga menjabat sebagai direktur pascasarjana STAIN Sorong. Selain itu, panitia juga mengundang Bunyamin, M.Pd. menjadi penguji II mendampingi Dr. H. Surahman Amin.

Harapan dari kegiatan ini adalah terbentuknya generasi qurani yang bisa mendatangkan kemaslahatan bagi kampus hijau STAIN Sorong.

Penulis: Lalu Arul

Editor: Chairul & Zuhri